Unsur Unsur Seni Rupa Dan Contoh Gambarnya

Atom-Unsur Seni Rupa dan Contoh Gambarnya
– Karya seni rupa terdiri mulai sejak perpaduan selaras berbagai molekul yang mewujudkan karya seni rupa yang indah. Unsur-unsur seni rupa tersebut terdiri terbit zarah tutul, garis, bidang, bentuk, ruang, warna, tekstur, dan gelap cerah. Berikut ini signifikansi dari unsur-partikel seni rupa dan transendental gambarnya.

a.
Noktah

Titik ialah unsur seni rupa yang paling sederhana. Unsur tutul akan terlihat berarti apabila jumlahnya cukup banyak, sehingga gabungan berusul banyak titik ini akan membuat sebuah garis.

unsur seni rupa titik
Zarah seni rupa “Titik”

b.
Garis

Garis merupakan unsur seni rupa yang ialah kombinasi atau gayutan titik yang terjalin memanjang menjadi satu dengan kedua ujung terpisah. Garis bisa dalam bentuk  hierarki, pendek, baplang, halus, lurus, lengkung, patah-patah, berombak, mendatar, vertikal, diagonal dan sebagainya. Sifat garis dibedakan menjadi dua, adalah:


  • Garis Nyata

    adalah garis nan dihasilkan dari garitan atau goresan langsung.

  • Garis Semu

    merupakan garis yang muncul karena adanya kesan batas (kontur) dari suatu bidang, warna, maupun urat kayu.
unsur-seni-rupa-garis
Unsur seni rupa “Garis”

c.
Bidang

Meres merupakan unsur seni rupa yang terbentuk karena pertemuan berpunca beberapa garis. Ada catur macam jenis bidang yaitu
permukaan geometris
(beraturan dan sering dipakai dalam ilmu ukur),
Non geometris
(tidak beraturan),
biomorfosis
(organis), dan
bidang bersudut.

unsur-seni-rupa-bidang
Unsur seni rupa “Bidang”

d.
Bentuk

Bentuk adalah molekul seni rupa yang terbentuk karena pangsa atau volume. Neko-neko bentuk yaitu; kubistis, silindris, bola, limas, prisma, kerucut (semua susuk geometris), dan non geometris. Unsur bentuk ada dalam karya seni rupa patung, arsitektur, bagian dalam, dan kriya.

unsur-seni-rupa-bentuk
Unsur seni rupa “Bentuk”

e.
Ira

Ulas merupakan unsur karya seni rupa yang mengasihkan kesan kedalaman, baik kerumahtanggaan buram nyata atau semu. Privat rangka ruang nyata ruang dapat ditemui pada karya seni rupa tiga dimensi sebagai halnya sreg karya seni arsitektur, konstruksi, bangunan, arca dan lain-lain. Dalam bentuk ruang semu dapat ditemui sreg karya seni rupa dua dimensi begitu juga penggambaran pangsa kerumahtanggaan tulang beragangan  gepeng, cekung, cembung, datar, bergelombang dan lain-lain.

unsur-seni-rupa-ruang
Unsur seni rupa “Ruang”

f.
Corak

Corak adalah kesan nan ditimbulkan oleh pantulan cahaya pada mata. Berdasarkan jenisnya, warna dibedakan menjadi dua macam yaitu,
jangkauan warna
adalah uraian rona binar yang terdiri dari rona, merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, serta ungu (berpenyakitan-ji-ku-hi-bi-ni-u) dan
pigmen rona
adalah warna yang dibagi berdasarkan teori
Geothe, yang terdiri dari warna primer, sekunder, tersier, komplementer, dan analog.

unsur-seni-rupa-warna
Unsur seni rupa “Corak”

g.
Tekstur

Tekstur merupakan skor permukaan satu benda sehingga dapat memberikan kesan tertentu apabila dirasakan dengan indera peraba, sehingga dapat dikatakan halus, kasar, licin, rata, bertembuk, kusam, mengkilap, dan lain-lain. Secara visual ada dua tekstur, ialah tekstur berwujud , bila keadaan benda saat dilihat dan diraba sama nilainya. Tekstur semu, bila keadaan benda saat dilihat dan diraba berbeda.

unsur-seni-rupa-tekstur
Zarah seni rupa “Tekstur”

h.
Gelap Terang

Gelap terang adalah situasi suatu bidang yang dibedakan dengan rona tua (gelap) dan muda (terang) nan terjadi karena adanya perbedaan warna dan ketekunan cahaya yang masin lidah suatu objek. Gelap terang menimbulkan kesan tekstur dan kedalaman.

unsur-seni-rupa-gelap-terang
Atom seni rupa “Gelap terang”

Source: https://www.senibudayaku.com/2016/12/unsur-unsur-seni-rupa-dan-contoh-gambarnya.html

Posted by: likeaudience.com