Sebutkan Tempat Ibadah Yang Ada Di Indonesia

KOMPAS.com
– Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan nasion Indonesia nan artinya “berbeda-selisih tetapi setia satu”.

Riuk suatu perbedaan yang signifikan yaitu adalah agama yang dianut.

Di Indonesia terdapat enam agama yang dianut yaitu Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu.


Masjid Arqam Babu Rahman, masjid terapung yang rusak akibat gempa dan tsunami Palu 2018.
kubahmasjid.com
Masjid Arqam Babu Rahman, zawiat terapung yang rusak akibat gempa dan tsunami Palu 2018.

Agama Islam

Mayoritas penghuni Indonesia menganut agama Islam. Ibadah yang dijalankan maka dari itu penganut agama Islam di antaranya shalat, puasa, zakat, dan haji.

Tempat ibadah bagi penyanjung agama Islam yaitu Masjid dengan kitab suci Al Quran. Masa raya untuk penganut agama Selam yaitu Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Baca juga: Pelaksanaan Sikap Toleransi

Agama Serani

Umat Serani beribadah melangkahi Gereja. Gedung basilika dijadikan ki alat bagi membangun relasi antarjemaat alias masyarakat luas dan relasi antara hamba allah dengan Tuhan.

Kitab Murni bagi umat Kristen dan Khatolik adalah Al Kitab dengan ayat-ayat di dalamnya. Waktu raya lakukan umat Serani adalah Periode Raya Natal, Paskah, dan Jumat Agung.

Ilustrasi Gereja Katedral Jakarta.
Halangan. Shutterstock
Ilustrasi Gereja Gereja Jakarta.

Agama Khatolik

Penyembah agama Khatolik sama begitu juga Serani yang beribadah dengan pendirian berdoa di Basilika. Kitab ikhlas yang dibaca pun sekali lagi separas ialah Al Kitab. Hari raya bagi penyanjung agama Katolik ialah Hari raya Natal, Paskah, dan Jumat Agung.

Agama Hindu

Agama Hindu merupakan suatu ramalan yang memasrahkan pandangan luas berdasarkan karma, darma, dan norma kemasyarakatan.

Di Indonesia, penganut agama Hindu terbesar ada di Bali. Umat agama Hindu menjalankan ibadah dengan sembayang dan pembacaan wirid yang dilakukan di Pura. Kitab Salih agama Hindu yaitu Veda ataupun Weda.

Umat Hindu di Indonesia setiap tahunnya merayakan Hari Raya Nyepi dan Siwaratri sesuai dengan Takwim Saka.

Baca sekali lagi: Sikap Toleransi dalam Tipe Bangsa Indonesia

Umat Islam berdoa di petilasan Kerajaan Pajajaran saat perayaan Tahun Baru Imlek 2573 di Vihara Pan Kho Bio, Pulo Geulis, Bogor, Selasa (1/2/2022). Vihara Pan Kho Bio yang dibangun dalam fase 1619-1743 bukan saja tempat ibadat umat Buddha, Konghucu, dan Tao tetapi di dalamnya juga terdapat petilasan  Kerajaan Siliwangi yang sering dikunjungi umat Islam, Hindu, dan Sunda Wiwitan.
KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO
Umat Islam berdoa di petilasan Kekaisaran Pajajaran saat perayaan Musim Baru Imlek 2573 di Vihara Pan Kho Bio, Pulo Geulis, Bogor, Selasa (1/2/2022). Vihara Pan Kho Bio yang dibangun dalam fase 1619-1743 bukan saja medan fetis umat Buddha, Konghucu, dan Tao tetapi di dalamnya lagi terdapat petilasan Kerajaan Siliwangi yang sering dikunjungi umat Selam, Hindu, dan Sunda Wiwitan.

Agama Buddha

Agama Buddha merupakan agama tertua di dunia dan lagi di Indonesia, nan berasal dari India. Agama Buddha merupakan ajaran dengan paham metafisika yang diajarkan oleh Siddharta Gautama.

Penganut agama Buddha menjalankan ibadah dengan sembahyang di Vihara. Kitab nirmala yang dibaca yaitu Tripitaka.

Periode raya untuk penyembah agama Buddha yaitu perian Waisak, Kathina, Asadha, dan Magha Hormat.

Agama Konghucu

Penyebaran agama Khonghucu ke Tanah tumpah dilakukan maka itu orang-insan Tionghoa yang merantau ke Indonesia.

Agama Konghucu diakui di Indonesia bersama lima agama lainnya dengan kognisi konfusianisme sebagai filsafat.

Penyembah agama Konghucu menjalankan ibadah dengan sembahyang di Klenteng ataupun Litang dengan kitab suci Shishu Wujing.

Baca juga: Perbedaan Kesabaran dan Simpati

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
saban hari berbunga Kompas.com. Yuk bergabung di Grup Kabel “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Dawai tambahan pula lewat di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/skola/read/2022/03/14/210000269/6-agama-di-indonesia-beserta-kitab-suci-dan-tempat-ibadahnya?page=all

Posted by: likeaudience.com