Sebutkan Pulau Pulau Yang Ada Di Indonesia

Jakarta

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan nan memiliki banyak pulau, termasuk pulau terbesar. Lantas apa saja
pulau terbesar di Indonesia?


Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) nan dirilis hari 2019, luas wilayah Indonesia sampai ke 1.916.906,77 km2. Sementara total pulau di Indonesia mencecah 16.056. Jumlah tersebut menyusut bersumber data yang tertera pada Undang-Undang no 6 Musim 1996 yakni 17.508 Pulau.

Pulau Terbesar di Indonesia ialah..

  • 1. Pulau Papua


Luas pulau Papua tercatat mencapai 786.000 km² namun nan menjadi bagian Indonesia hanya sebesar 418.707,7 km². Sedangkan sisanya menjadi bagian dari Papua Nugini.


Pulau ini menjadi salah satu dari 5 pulau terbesar di dunia. Menurut buku Ilmu lingkungan Papua oleh Yayasan Pustaka Obor Indonesia dan Conservation International, luas area Papua merupakan pulau yang lalu membantu hutan rimba tropis tua terluas yang masih ada di Asia Pasifik.


Di bagian paling barat, Papua didominasi oleh jajaran gunung-gemunung kerdil (Pembesar Burung, Wandamen, Fakfak, Kumawa) dan kepulauan (Yamtuan Ampat, Teluk Cenderawasih).


Dalam banyak keadaan, Papua mirip dengan daratan Papua Nugini (PNG) cuma jabal-gunungnya lebih tinggi (mencapai garis salju), rawa-rawanya lebih luas (contohnya, Mamberamo, Asmat).


Pulau Papua merupakan habitat untuk 15.000-20.000 jenis tumbuhan (55% endemik), 602 varietas burung (52% endemik), 125 jenis mamalia (58% endemik), dan 223 jenis reptilia (35% endemik).


Binatang dan tumbuhan endemik ini mencakup butuh sepah raja, kanguru pohon, ikan pelangi, bervariasi kupu-kupu dan ribuan tumbuhan dan binatang lainnya.


  • 2. Pulau Kalimantan


Pulau yang sebagian besar masih terdiri hutan dan menjadi habitat buat sejumlah pokok kayu serta fauna endemik ini memiliki luas sekitar 743.330 km persegi.


Pulau Kalimantan punya batas laut sebelah Barat dengan Selat Karimata, jihat Timur dengan Selat Makassar, sebelah Selatan dengan Laut Jawa, dan sebelah Paksina dengan Laut China Selatan.


  • 3. Pulau Sumatera


Selanjutnya, pulau terbesar di Indonesia ialah Sumatera. Dikutip dalam gerendel ‘Ayo Mengenal Indonesia: Sumatra 1’ makanya Munasifah, luas seluruh Pulau Sumatra merupakan 473.600 kilometer persegi, hampir seluas negeri Inggris Raya.


Di bagian baratnya membentang Samudra Hindia; di penggalan timur dan tenggaranya Selat Malaka, Selat Karimata, dan Laut Jawa; sedangkan di putaran selatannya menghampar Selat Sunda.


Bentuk Pulau Sumatera memanjang terbit Ulee Lheue di utara sebatas Ancol Cina di kidul, sepanjang sekitar 1.650 kilometer. Lebarnya di paksina antara 100 dan 200 kilometer, sedangkan lebar bagian selatannya sekitar 350 kilometer. Dua teluknya nan terbesar ialah Semangka dan Lampung di Provinsi Lampung.


Secara manajerial, wilayahnya terbagi dalam satu daerah istimewa (Aceh) dan 9 provinsi (Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Gugusan pulau Bangka Belitung).


  • 4. Pulau Sulawesi


Pulau Sulawesi memiliki luas mencecah 174.600 km². Dengan luas ini, ada enam kewedanan yang kabur di dalamnya, yakni Sulawesi Kidul, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, dan Gorontalo.


Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) nan dirilis tahun 2018, warga di Pulau Sulawesi mengaras 19 juta roh.


Angka tersebut berasal dari provinsi Sulawesi Kidul sebanyak 8,8 miliun, Sulawesi Tengah 3 juta, Sulawesi Tenggara 2,6 juta, Sulawesi Utara 2,4 juta, Sulawesi Barat 1,3 juta, dan Gorontalo sebanyak 1,1 miliun.


  • 5. Pulau Jawa


Ragil, pulau terbesar di Indonesia adalah Jawa. Meski menjadi tumpuan distribusi ekonomi terdahulu di Indonesia, namun luas Pulau Jawa bukanlah yang terbesar di Indonesia.

Berlandaskan denah, Pulau Jawa diperkirakan mencapai 128,297 km² dengan enam daerah dan pulau-pulau katai di sekitarnya. Negeri di Pulau Jawa yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Paruh, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Banten.


Adapun batas daratan bagian lor merupakan Laut Jawa dan Pulau Kalimantan, senggat selatan yaitu Samudera Hindia, tenggat Barat yakni Pulau Sumatera, dan batas Timur adalah Pulau Bali.

Sementara batas perairan terdapat takat Utara adalah Laut Jawa, batas Selatan yakni Samudera Hindia, batas Barat ialah Selat Sunda, dan batas Timur yakni Selat Bali.


detikers, telah luang kan pulau terbesar di Indonesia yaitu Papua?

Simak Video “Tarif Rp 3,75 Juta Pulau Komodo Akhirnya Ditunda Usai Tuai Protes

[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Source: https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5654126/5-pulau-terbesar-di-indonesia-di-antaranya-juga-terluas-di-dunia

Posted by: likeaudience.com