Perhitungan Angka Dalam Bola Voli Menggunakan Sistem

tirto.id – Bola voli adalah salah suatu cabang olahraga yang paling banyak dimainkan, dipertandingkan, dan ditonton. Menurut Federasi Bola Voli Internasional (FIVB), sport bola voli mudah populer sebab menyajikan permainan nan cepat, “eksplosif,” dan menarik.

Bakal memainkan pertandingan bola voli, dibutuhkan dua tim, nan masing-masing diperkuat oleh enam pemain (belum termasuk pasokan). Tugas terdahulu setiap tim itu ialah mengumpulkan poin dengan cara menjaga bola tetap berhanyut-hanyut di peledak, serta menjatuhkannya ke daerah permainan p versus. Setiap skuat pula harus bisa mencegah upaya antitesis untuk berbuat hal serupa.

Sama sebagai halnya cabang olahraga bukan, bola voli juga dipertandingkan dengan qanun permainan yang mesti diketahui maka dari itu para anak bangsawan latihan jasmani ini. Berikut ini aturan permainan bola voli, mulai berbunga sistem taksiran skor, total poin dan set, sebatas syarat sebuah tim dinyatakan menang dalam kejuaraan.

Aturan Skor Bola Voli Menggunakan Rally Point System

Peraturan permainan bola voli ditetapkan maka dari itu FIVB. Salah satunya tercalit sistem perhitungan ponten. Dalam permainan bola voli, sitem perincian skor menggunakan
rally point system
atau momen permainan nan dimulai berpokok sebuah servis.

Pada sediakala kejuaraan, hakim rata-rata menala skuat yang akan mengambil servis pertama atau memulai
rally. Setiap skuat dituntut memenangkan sebuah rally.

Caranya dengan melecun bola ke daerah padanan, maupun apabila skuat padanan melakukan kesalahan, yakni menjatuhkan bola di luar area permainan. Untuk sebuah
rally
nan dimenangkan, sebuah cak regu berhak mendapatkan satu biji. Tim yang memenangkan
rally
pula berhak atas pengambilan servis selanjutnya.

Infografik SC Skor Permainan Voli

Infografik SC Skor Permainan Voli. tirto.id/Fuad

Sementara itu apabila sebuah tim gagal mengerjakan servis: bola gagal melampaui net maupun bola jatuh di asing alun-alun permainan, tim inversi yang berkuasa mendapatkan poin. Servis pun berpindah ke cak regu oponen.

Selain itu, poin pula bisa didapatkan apabila sebuah tim berbuat pelanggaran alias melakukan barang apa tindakan yang inkompatibel dengan aturan permainan yang ditetapkan maka itu FIVB. Misalnya, anak komidi menyentuh jaring atau melewati garis tengah, melempar dan merajut bola, dan lainnya.

Jumlah Poin & Set intern Bola Voli

Besaran poin yang harus dikumpulkan oleh sebuah skuat bola voli merupakan maksimal 25. Cak regu nan minimum cepat mencecah skor, maksimal dengan cedera minimal 2 poin dengan antiwirawan, dinyatakan menang di sebuah set. Jadi, singgasana biji untuk memenangkan satu set adalah 25-23 ataupun lebih besar.

Hanya saja, batas maksimal skor bisa saja bertambah. Dengan catatan, kejuaraan berlangsung seri atau kedudukan kredit 24-24. Jika kejadian itu terjadi, untuk menentukan pemenang set diterapkan deuce atau penambahan 2 poin.

Skuat nan paling cepat membuat jarak dua poin dengan padanan dinyatakan sebagai pemenang set. Dengan begitu, geta poin yang paling mungkin tercipta adalah 25-23, 26-24, 27-25, dan seterusnya.

Syarat Menang di Bola Voli & Peraturan Three Winning Set

Penentuan pemenang sebuah pertandingan bola voli menggunakan sistem
the best of three
alias
three winning set
. Maksudnya, sebuah skuat harus unggul atas musuh paling minus dalam tiga set lakukan menjadi pemenang sebuah pertandingan.

Jika sebuah tim berhasil memenangkan tiga set permulaan maka dapat sambil dinyatakan seumpama jago sayembara dengan nilai akhir 3-0. Namun, apabila tim lawan berhasil memenangkan suatu set, pertandingan berlantas setakat set keempat bakal mendapatkan tim yang memenangkan paling banyak tiga set.

Begitu kembali ketika lawan memenangkan dua set. Pertandingan akan berlanjut hingga set kelima. Dengan begitu, skor akhir yang paling kecil boleh jadi tercipta adalah 3-2, 3-1, atau 3-0.

Pada set kelima, nilai maksimal yang harus dicapai ialah 15 kredit. Tim yang paling cepat mencapai 15 poin dengan selisih 2 angka, dinyatakan andai juara.

Set akan berlanjut deuce apabila kedudukan poin ternyata mencapai 14-14. Untuk memenangkan pertandingan, sebuah tim harus memenangkan set kelima dengan selisih dua poin.

(tirto.id –
Pendidikan)

Kontributor: Hery Setiawan

Penulis: Hery Setiawan

Penyunting: Addi M Idhom



Source: https://tirto.id/sistem-perhitungan-skor-bola-voli-jumlah-poin-set-syarat-menang-giqd

Posted by: likeaudience.com