Pelajaran Ipa Tentang Rangka Manusia

Kita teradat bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah diciptakan dalam rajah badan yang minimal sempurna. Coba rabalah tubuhmu, mulai bermula ujung jari tungkai sampai ujung kepala! Adakah bagian yang terasa keras? Bagian apa sajakah itu? Bagian yang terasa keras tersebut menunjukkan adanya sumsum. Lemak tulang-tulang tersebut bersambungan dan tersusun secara teratur. Tulang-tulang yang tersusun secara teratur disebut rangka.

Benak membantu melindungi bagian penggalan tertentu puas tubuh kita. Misalnya, episode nan kepala dingin dan organ-organ n domestik terdepan begitu juga hati, jantung, paru-paru, dan ginjal. Tulang juga membantu kita bergerak alias melakukan kegiatan.

Selain itu, tulang adalah kerangka jasmani nan membantut dan menjaga bentuk tubuh. Coba bayangkan bila jasad kita lain punya rangka! Segala apa yang akan terjadi? Tentu jasmani kita akan turun terkulai dan tak bisa berdiri tegak. Apakah nan menghubungkan antara tulang yang satu dengan benak yang lain? Antartulang dihubungkan oleh anak kunci. Sendi menjadikan benak terikat lestari pada tempatnya. Apakah yang menggagas rajah bodi? Bagian yang boleh menggerakkan gambar disebut otot. Pada usia sehari-hari otot sering disebut daging. Untuk lebih jelasnya, pelajarilah materi berikut dengan saksama!

1. Bagian-Bagian Kerangka

Pernahkah kamu memaki bagan manusia di laboratorium? Coba mintalah kepada bapak ibu gurumu bakal menunjukkannya. Rangka manusia terdiri atas tiga adegan, yaitu rangka ketua (kranium), rangka raga, dan rangka anggota gerak.


a. Rangka Bos

Rabalah kepalamu sendiri-sendiri! Apa nan kamu rasakan? Terasa gigih atau panjang hati? Rangka penasihat (tengkorak) menghampari benak-tulang tengkorak tampang dan tulang pelindung motor. Tulang-lemak tulang tengkorak muka terdiri atas 2 tulang indra, 2 tulang pipi, 2 tulang rahang atas dan tulang rahang bawah, 2 tulang air indra penglihatan, sumsum langit-langit, tulang pisau luku, dan 1 tulang lidah. Sumsum pelindung tokoh meliputi 1 tulang dahi, 1 sumsum belakang atasan, 2 tulang pelipis, 2 lemak tulang ubun-ubun, 2 tulang baji, dan 2 tulang tapis.


b. Rangka Badan

Rangka badan meliputi tulang pinggul, lemak tulang rusuk, sumsum dada, tulang kerokot bahu, dan tulang bilang-bilang panggul. Tulang belakang terdiri atas 7 ruas benak gala, 12 ruas tulang jejak kaki, 5 ruas tulang pinggang, 5 ruas tulang selangkang, dan 4 ruas tulang ekor. Tulang rusuk terdiri atas 7 pasang benak rusuk polos, 3 pasang lemak tulang rusuk palsu, dan 2 pasang tulang rusuk bertele-tele. Sumsum dada terdiri atas tiga bagian, merupakan tangkai ataupun hulu, badan, dan taju pedang. Sumsum dada merupakan panggung melekatnya iga bagian depan. Tulang rusuk dan sumsum dada membentuk serambi. Di atas atrium terwalak rangka bahu. Rangka pundak dibentuk maka itu benak gelang bahu. Tulang gelang bahu tersusun berpokok sepasang tulang belikat dan sepasang tulang selangka. Pada jasad putaran pangkal terdapat rangka panggul. Rangka panggul dibentuk oleh tulang gelang panggul. Tulang kerokot bawa dibentuk oleh 2 lemak tulang usus, 2 tulang duduk, dan 2 tulang kemaluan.


c. Rangka Anggota Gerak

Pernahkah kamu mengamati orang yang menderita patah tulang, misalnya patah tulang tangan maupun kaki? Orang tersebut pasti tak boleh bergerak bebas, bahkan tidak bisa selevel sekali memprakarsai tangan alias kakinya. Jika dipaksa digerakkan, maka pasti terasa ngilu yang amat lewat. Jadi, rangka berfungsi kondusif fisik lakukan bergerak. Coba gerak-gerakkan ujung tangan-jari tangan dan kakimu! Gerakkan juga lenganmu ke atas seperti gerakan hamba allah menyanggang dan gerakkan kakimu ke depan seperti gerakan orang menyepak. Mengapa kamu bisa menggerakkannya dengan gesit? Ujung jari-jari, tangan, dan kakimu dapat bergerak variola karena di topang oleh tulang. Selain membantu mengalir, rancangan kaki juga berfungsi menopang elusif tubuh. Rangka anggota gerak terdiri atas benak-benak anggota gerak atas (tangan) dan tulang-tulang anggota gerak pangkal (tungkai). Tulangtulang anggota gerak atas (tangan), ialah: tulang lengan atas, tulang lengan bawah, sumsum pengumpil, tulang pergelangan tangan, dan tulang punggung tangan, tulang ruas-ruas jari. Tulang-tulang anggota gerak pangkal (tungkai), yaitu: benak pukang, tulang tandus, tulang betis, tulang tempurung dengkul, tulang telapak kaki, benak pergelangan tungkai, dan tulang ruas-ruas jari. Perhatikan susuk di bawah ini!

2. Sendi

Benak manusia bersambung satu selevel lain. Hubungan antara tulangtulang manusia disebut sendi. Ada sendi yang dapat digerakkan dan ada juga sendi yang tak dapat digerakkan. Contoh sejumlah anak kunci yang terdapat pada jasmani basyar adalah sebagai berikut.


a. Muslihat engsel
, adalah kunci yang hanya bisa digerakkan ke suatu arah seperti engsel perputaran udara atau bab. Contoh sendi engsel adalah sendi lega pengkolan yang menghubungkan ulna atas dan lenggan pangkal, sendi pada lutut nan merintih sumsum paha dan tulang kaki bawah, serta muslihat pada ruas jari tangan dan ruas jari kaki.


b. Resep peluru, adalah sendi yang memungkinkan manuver ke semua arah. Peristiwa tersebut dapat terjadi karena lemak tulang yang satu dapat berputar pada tulang lainnya. Pada sendi peluru terjadi pertemuan antara ujung lemak tulang berbentuk bola dengan lemak tulang berbentuk cawan. Contohnya, pusat sreg ruas lemak tulang gala nan paling atas, sendi pada pundak nan menghubungkan tulang lengan atas dengan tulang gelang bahu, serta sendi plong bopong yang menyambung tulang paha dan sumsum gelang panggul.


c. Trik pelana
, adalah kancing yang bergerak ke dua sisi, yakni ke samping dan ke depan. Contohnya, sendi antara tulang telapak tangan dan asal ibu jemari. Cobalah kamu gerakkan ibu jarimu. Ke mana doang ibu jarimu bisa dia gerakkan? Dapatkah jarimu yang lain digerakkan seperti itu?


d. Gerendel makzul, adalah persendian kancah ujung tulang nan suatu menggeser ujung tulang yang tidak. Sendi geser namun memungkinkan sedikit gerakan. Kunci geser dijumpai lega lemak tulang lengan bawah dan tulang pengumpil. Tanyakan kepada kiai ibu suhu bagian badan tidak yang terwalak sendi geser!


e. Trik putar, merupakan sendisendi kancah tulang yang satu berputar mengerubuti lemak tulang lainnya yang bertindak sebagai poros. Ki akal putar terletak pada kombinasi antara tulang atlas (lemak tulang leher yang pertama) dan tulang tulang kepala. Sumsum peta masuk ke intern gaung yang terdapat pada tulang batok kepala.

3. Keefektifan Rangka

Kerangka atau sumsum tertera salah satu alat tubuh pada turunan dan hewan. Barang apa yang terjadi jikalau tangan dan tungkai kita bukan memiliki rangka di dalamnya? Karuan kita lain bisa berdiri mengirik. Kemustajaban rangka bakal hamba allah hidup, antara lain, menguatkan dan menegakkan tubuh, menentukan bentuk badan, tempat melekatnya otot, dan melindungi bagian-putaran tubuh yang penting dan renik.




a. Menguatkan dan Menegakkan Jasad

Bentuk rangka manusia sangat kokoh sehingga kita dapat agak kelam dengan berdiri, berjalan, bahkan berlari dengan cepat. Kita juga boleh mengangkat barang bawaan sampai takat tertentu karena terserah rang kerumahtanggaan tubuh. Coba bayangkan sekiranya jasmani kita tidak ada rangkanya?


b. Menentukan Bentuk Tubuh

Karena memiliki rangka, bodi kita punya rencana. Lebih-lebih, tulangtulangan tubuh kembali dapat digunakan sebagai ciri seseorang. Kita dapat mengidentifikasi seseorang meski masih dikejauhan dengan memerhatikan kerangka tubuhnya. Misalnya, tinggi, ringkas, segara, kecil, dan sebagainya. Jika fisik kita hanya terdiri atas daging belaka, maka tubuh kita cuma menjadi tumpukan daging tetapi. Dapatkah kamu membayangkannya?


c. Tempat Melekatnya Otot

Otot berfungsi memotori anggota bodi. Otot terarah puas rangka. Jika bodi kita tidak punya rangka, maka otot tidak memiliki tempat melekat. Urat berserikat dengan rangka melakukan suatu gerakan. Ketiadaan salah satunya menyebabkan yang lain tidak berfungsi.


d. Melindungi Bagian Fisik yang Terdepan dan Halus

Pernahkah kepalamu terlanggar? Rangka merupakan bagian raga yang paling gigih. Sifatnya yang persisten berfungsi lakukan melindungi bagian intern raga nan rapuh. Repas disini berarti mudah terluka, tembelang, atau hancur karena tubrukan benda keras. Kamil rangka yang mereservasi bagian dalam tubuh yang rangup, antara tidak, kerangka kepala melindungi pelopor, netra, alat pendengar, indra, dan sungai buatan pernapasan episode atas; rencana sinus dada melindungi paruparu, jantung, dan perangkat pencernaan makanan; rangka belakang melindungi alat pencernaan dan alat reproduksi. Karena pentingnya bagian-babak tubuh tersebut, maka berhati-hatilah saat bermain. Jangan melampang tubuh dengan benda persisten atau tajam.

Sources
: BSE Guna-guna Pengetahuan Liwa bagi kelas IV, Pusat Perbukuan Departeman Pendidikan Nasional

Source: https://www.mashenry.com/2020/10/materi-ipa-kelas-4-rangka-manusia.html

Posted by: likeaudience.com