Pelajaran Ipa Kelas 6 Tentang Ciri Khusus Hewan Dan Tumbuhan

Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan perpautan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan dengan lingkungan hidupnya

                           1.2 Mendeskripsikan perpautan antara ciri-ciri spesial yang dimiliki pokok kayu dengan lingkungan hidupnya



Ciri-ciri anak adam arwah pada umumnya adalah :

  • bergerak
  • bernafas
  • berkembang biak
  • tumbuh dan berkembang
  • membutuhkan nafkah
  • membutuhkan air
  • peka terhadap rangsangan (irritabilita)
  • mengeluarkan zat sisa (metabolisme)
  • menyesuaikan diri terhadap lingkungannya (aklimatisasi)

Beberapa dabat dan tumbuhan mempunyai ciri spesifik yang membedakan dengan organisme lainnya. Hal ini  bagi menepati kebutuhan hidupnya dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

A. Ciri Unik plong Satwa

  1. Kelelawar
    dapat terbang di lilin lebah hari dengan mengandalkan telinga bagaikan indera pendengarannya. Kelelawar akan mengkhususkan getaran suara dari mulutnya dengan frekuensi tinggi yang akan mengenai benda didepannya kemudian dipantulkan pun. Kemampuan kelelawar ini desebut sebagai
    Ekolokasi. Selain itu kelelawar juga menggunakan indera penciumannya nan peka untuk memeroleh makanannya. Kelelawar termasuk hewan bertulang bokong (Vertebrata) nan berkembang biak dengan cara beranak (Vivipar). Kelelawar memiliki cakar di bagian atas sayapnya cak bagi bergantungan pada langit-langit goa atau ranting tumbuhan.

  2. Cicak
    dapat menempel  di dinding atau plafon rumah karena memiliki kaki yang sangat awet dan lem di jejak kaki kakinya. Lidahnya panjang digunakan menyirat mangsanya seperti serangga yang hilang akal. Cicak dapat memutuskan ekornya bagi mengelabuhi musuhnya dan akan tumbuh pula selepas beberapa minggu. kemampuan cicak memutus anggota tubuhnya disebut dengan
    Autotomi.

  3. Onta
    biasa usia ditempat nan kering dan gersang seperti di padang pasir. Gamal bisa meneguk air sekaligus banyak pada ketika mereguk dan di simpan di punuknya yang berisi eco. Makanya karena itu, onta berada melakukan perjalanan jauh dan lama tanpa makan dan minum. Lemak pada unta adalah sumber energi. Punuk gamal akan berkerut jika kehabisan legit. Selain itu unta pula memiliki surai indra penglihatan strata yang dapat mencagar matanya dari abu dan pasir.

  4. Elang malam
    keluar lilin batik hari untuk berburu makanan. Elang malam jug memiliki indera pendengaran dan penglihatan yang lampau peka. Burung mambang dapat melihat privat gelap. Bagi menyerap pendar yang ada, manik mata pada matanya akan terbuka gempal. Selain itu, bola mata penis mambang kreatif bergerak cepat kerjakan menunggalkan perhatiannya plong benda di sekitarnya. Titit mambang boleh memutar lentur kepalanya lakukan menyibuk ke bokong. Selain itu burung hantu pula memiliki bulu-rambut lembut sehingga bisa terbang minus suara.

  5. Bunglon
    memiliki kemampuan bagi menyamarkan warna kulit menyerupai corak lingkungan sekitanya.  Kemampuan ini disebut
    Mimikri. Oportunis menangkap mangsanya menggunakan lidahnya yang tingkatan dan lengket sebagai halnya yang dimiliki oleh katak.

  6. Dolfin dan paderi adalah mamalia air yang yang bernafas menggunakan paru-paru. Sesekali mereka muncul berenang ke satah air untuk mengambil nafas. Di punggung lumba-lumba dan uskup terwalak lubang yang berfungsi untuk menyemburkan peledak.

B. Ciri Khusus lega Pokok kayu

  1. Kaktus  merupakan kelompok tumbuhan berangka yang biasanya tumbuh maupun ditanam di tempat dengan tanah yang tandus seperti padang batu halus. Kaktus mempunyai batang sukulen nan mewah menyimpan cadangan air sebanyak bisa jadi ketika hujan abu tiba yang diserap oleh akar kaktus yang tangga dan tersebar di tanah. Buntang kaktus mengandungklorofil buat berfotosintesis sehingga mampu takhlik makanannya koteng. Permukaan tubuh kaktus dipenuhi duri-duri kecil yang selayaknya yakni daun kaktus yang mengalami perubahan lembaga (modifikasi). Duri tersebut bermaksud bagi melindungi diri dan mengurangi penguapan.

  2. Kantong Semar
    merupakan tumbuhan nan punya daun berbentuk begitu juga kantong. Daun ini menghasilkan cairan manis berbau istri muda (nektar) nan menarik perhatian serangga. Dinding corong yang licin karena berlapis lilin mendorong serangga nan ikut tergelincir drop dan tenggelam n domestik larutan. Tumbuhan ini disebut pula
    Insektivora. Tumbuhan kocek semar mencerna serangga bikin memeroleh nitrogen.

  3. Tumbuhan pemakan serangga (insektivora) yang bukan yaitu
    Bintang timur. Venus punya patera yang berbulu dan berengsel sehingga bisa menghampar tumpul pisau. Insekta yang menyentuh surai lega daun akan menciptakan menjadikan daun menutup dengan cepat. selanjutnya serangga yang terjebak akan dicerna dan diserap nitrogennya.

  4. Teratai
    adalah pokok kayu yang mengapung di air. Untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya, teratai memiliki akar, batang, dan daun yang distingtif. Patera teratai yang lebar dan tipis memiliki stomata di bagian permukaan atas daun. Stomata memudahkan pengeluaran ibun ke udara. Akar dan jenazah teratai memiliki rongga-rongga yang membawa oksigen berasal air timbrung ke akar dan batang.

Source: http://erikaveraperire.blogspot.com/2018/09/ciri-khusus-mahluk-hidup-ipa-kelas-6.html

Posted by: likeaudience.com