Negara Asal Bela Diri Pencak Silat Yaitu

Pencak kuntau yakni olahraga bela diri jati berpangkal nusantara. Propaganda-gerakannya banyak nan terinspirasi dari gerakan binatang lantaran nenek moyang kita tinggal meniru gerakan tersebut untuk berdeging hidup di hutan. Namun, kini olah tubuh ini telah berkembang hingga banyak diversifikasi gerakan tidak.

Lalu, bagaimana mulanya mula album bela diri ini? Mari simak fakta-fakta menarik akan halnya olahraga bela diri dari Indonesia ini.

Memori Pencak Silat, Seni Bela Diri Murni Nusantara

pencak silat

Sendang: Shutterstock

Masyarakat Indonesia boleh berbangga hati dengan kesenian tradisional yang satu ini. Terlak silat adalah seni bela diri asli berpokok Indonesia nan kini telah mendunia. Seni bela diri ini awalnya terinspirasi dari ketangkasan suku nirmala lahan air ketika berburu dan perang menggunakan senjata seperti saluk, perisai, dan tombak.

Para ahli album mengibaratkan pencak silat sudah terserah di nusantara sejak abad ke-7 M. Temuan ini didasari pada artefak senjata dari zaman Hindu Buddha nan penuh dengan pahatan dan relief bergambar kuda-kuda seperti di Candi Prambanan dan Borobudur. Kita adv pernah bahwa sikap kuda-kuda yakni mekanisme baluwarti dalam seni bela diri.

Berdasarkan garitan terdaftar, kuntau silat mulai berkembang secara pesat di nusantara pada abad ke-14 detik Kerajaan Islam tiba menang. Seni bela diri ini banyak digunakan laksana alamat pelajaran spiritual di pesantren-pesantren.  Tak cuma itu, pencak silat lagi digunakan oleh para penduduk bikin bergelut menimpali penjajah.

Seni bela diri ini semakin mendapat perhatian tatkala sebuah organisasi pencak pencak bernama Ikatan Pencak Terlak Indonesia (IPSI) didirikan sreg tanggal 18 Mei 1948. Organisasi ini lantas tercatat seumpama organisasi silat tertua di mayapada.

Dari nusantara, seni bela diri ini kemudian berkembang mengaras mancanegara. Persatuan Silat Terlak Antarbangsa (Persilat) didirikan puas copot 11 Maret 1980 dengan anggota pendiri yang terdiri dari Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam.

Kata sandang tersapu: Kisah Dini Surya, 13 Tahun kaprikornus Sasaran Pukulan Laki Saat ini Jadi Pelatih Bela Diri

5 Aliran Seni Bela Diri Pencak Kuntau di Indonesia

Seiring berjalannya waktu, seni bela diri ini semakin berkembang hingga muncul 7 aliran berbeda di Indonesia. Masing-masing aliran punya prinsip, metode, dan aksi yang farik-beda.

Berikut 5 aliran pencak silat yang menggunakan tenaga dalam di Indonesia:

1. Cerocok Nusa

pencak silat

Sendang: Nu.or.id/NOJ/Dtk

Dilihat dari sejarah, terlak silat sempat berkembang dan digunakan sebagai pelajaran spiritual di dangau pesantren. Tak heran apabila organisasi Islam terbesar di Indonesia, yakni Nahdlatul Ulama (NU) memiliki padepokan silat bernama Sogang Nusa.

Pagar Nusa juga membawahi banyak cabang terlak seperti Pagar Nusa Gasmi, Pagar Nusa Dewa Perkasa, Cerocok Nusa Satria Perkasa Tahir (Saperti), dan masih banyak sekali lagi.

2.
Tapak Steril Putera Muhammadiyah

pencak silat

Mata air: Poskomalut.com

Sekiranya NU punya Pagar Nusa maka Muhammadiyah, organisasi Islam terbesar nomor 2 di Indonesia juga memiliki padepokan silat bernama Tapak Polos Putera Muhammadiyah.

Seluruh anggota Tapak Suci harus beragama Selam dan bersedia bergabung dengan Muhammadiyah. Selain itu, para anggota juga dituntut untuk mengamalkan ajaran Islam dan dilarang untuk musyrik ataupun mempercayai kekuatan tidak selain nan datangnya berpokok Allah SWT.

Artikel terkait: 4 Jejak Ki kenangan dan Budaya Islam di Nusantara, Mari Ajarkan pada Sang Kecil!

3. Pencak Kuntau Perisai Diri

pencak silat

Sumber: Smpislamalfath.sch.id

Selain diajarkan di pesantren, pencak juga berkembang di halangan kerajaan. Perisai Diri adalah padepokan silat nan didirikan makanya RM Soebandiman Dirdjoatmodjo, putra bangsawan mulai sejak Kadipaten Pakualaman.

Sebelum mendirikan Perisai Diri, ia melatih pencak di lingkungan Perguruan Taman Murid atas permohonan Gapura Hajar Dewantoro yang tak enggak adalah pamannya. Sanggar ini memiliki motto silat yang jadi andalan mereka, yaitu “Pandai Silat Tanpa Cidera”.

4. Pencak Silat Merpati Asli

bela diri

Sumur: Budaya-indonesia.org

Merpati Kudrati adalah padepokan silat yang mengajarkan seni bela diri dengan tangan kosong atau sonder menggunakan senjata kadang kala. Awalnya, aliran ini hanya berisikan para anggota Komando Pasukan Idiosinkratis (Kopassus). Namun, lambat laun lantas diajarkan secara terbuka bagi kelihatannya saja nan bersedia.

Para pesilat di Merpati Tulen punya semboyan “Mersudi Patitising Tindak Pusakane Titising Hening” yang artinya “berburu sebatas mendapat habuan kebenaran dengan ketenangan”.

Kata sandang tercalit: Daftar 5 Kerajaan Islam di Indonesia nan Paling Berpengaruh

5. Kombinasi Konstan Hati Terate (PSHT)

bela diri

Perigi: Nusadaily.com

Didirikan oleh Bopeng Ngabehi Soeromihardjo atau nan lebih dikenal dengan sebutan Eyang Suro pada tahun 1903, Ikatan Tegar Hati Terate (PSHT) sudah ada apalagi sebelum Indonesia merdeka.

Semula, studio ini bernama Djojo Gendilo Tjipto Muljo. Sekadar, plong tahun 1917, Eyang Suro mendirikan padepokan baru bernama Persaudaraan Tegar Lever yang menjadi cikal bakal PSHT.

Parents,
demikian sejarah mengenai silat pencak di Indonesia. Ternyata ada banyak aliran seni bela diri di Indonesia ya.
Parents
siapa tercabut mendaftarkan diri menjadi anggota?

Baca sekali lagi:

Pesona 5 Pulau Terbesar di Indonesia Beserta Destinasi Wisatanya

Sejarah dan Keunikan Tari Buai Nyai, Bunyi bahasa Perjuangan Perempuan

Khayalan Lutung Kasarung, Punya Pesan Baik untuk Diajarkan kepada Anak

Parenting untuk pusing? Ayo tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Source: https://id.theasianparent.com/pencak-silat

Posted by: likeaudience.com