PENERAPAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR Murid Puas Les IPA Papan bawah I DI SDN SIDOTOPO III/50 SURABAYA

Abstract

Mujarad
:
Tujuan penelitian ini yakni bakal meningkatkan hasil belajar siswa dengan memanfaatkan media puzzle pada pelajaran IPA dengan gerendel bahasan ciri-ciri benda dan manfaatnya. Penggunaan sarana puzzle dapat mengaktifkan siswa dan membantu siswa dalam memaklumi pembelajaran didalam kelas. Selama ini pesuluh mengalami kesulitan dalam mengetahui pelajaran IPA. Penelitian yang dilakukan ini yakni penelitian tindakan kelas. Prosedur pelaksanaan studi ini terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu : (1) Perencanaan Tindakan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Subyek pengkhususan ini adalah siswa kelas 1 SDN Sidotopo III/50 Surabaya, yang berjumlah 25 individu siswa, dengan lokasi penelitian di SDN Sidotopo III/50Surabaya. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi. Dalam hal ini adalah observasi aktivitas hawa dan pesuluh selama proses membiasakan mengajar di dalam kelas, serta hasil belajar siswa. Hasil penelitian menyebutkan bahwa sudah terjadi peningkatan aktivitas guru dari pelaksanaan tindakan siklus I ke siklus II.Lega siklus I aktivitas suhu mengaras 65 % menjadi 83 % di siklus II, dimana sudah lalu terjadi kenaikan sebesar 18 %.Sedangkan aktivitas murid pada siklus I mencapai 63 % menjadi 78% pada siklus II, terjadi peningkatan sebesar 15 %.Demikian pula hasil sparing siswapun mengalami peningkatan. Data hasil test siswapada siklus I , ketuntasan klasikal mencapai 56 % menjadi 92 % sreg siklus II, dimana telah terjadi peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 36 %. Berdasarkan hasil Riset Tindakan Kelas nan telah dilakukan menyebutkan bahwa penerapan alat angkut puzzle intern penelaahan IPA mengenal ciri-ciri benda dan manfaatnya, dapat meningkatkan hasil belajar murid  kelas 1 di SDN Sidotopo III/50 Surabaya. Hal tersebut dapat disimpulkan pecah tercapainya indikator keberhasilan, yaitu ; aktivitas hawa mencapai>70 %,  skor rata-rata kelas mencecah> 70% dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar > 70 %, dan rintangan-kendala yang ada dalam pelaksanaan tindakan boleh diatasi dengan baik.

Kata Anak kunci:
Media pembelajaran puzzle, hasil belajar murid
.


Abstract:


The purpose of this study is to raise studentlearning result by using media in teaching science to the subject matter characteristics and benefits. The use of media puzzle enables students to understand in the classroom learning. This research was an action research class. Implementation procedures of this study consists of 4 (four) stages, namely: (1) Action Plan, (2) Implementation of action, (3) Monitoring, (4) Reflection. The subjects of this study were 25 students of grade 1 SDN Sidotopo III/50 Surabaya, and the research sites in SDN Sidotopo III/50 Surabaya. Data collection techniques used was observation. In this case the activity is the observation of teachers and students during the learning process in the classroom, and student learning outcomes.The study says that there has been an increase in the activity of teacher implementation cycle I to cycle II. In the first cycle of teacher activity reached 65 % to 83 % in the second cycle, which has been increased by 18 %. While the student activity in the first cycle to 63 % to 78 % in the second cycle, an increase of 15 %. Similarly the students increased learning outcomes. Data on test results of students in the first cycle, classical completeness reaches 56 % to 92 % in the second cycle, which has been increased by 36 % classical completeness. Based on the results of Classroom Action Research stated that the application of media puzzle in science learning about the characteristics of objects and benefits, can improve the student learning outcomes in the classroom of grade 1 Sidotopo SDN III/50 Surabaya. It can be inferred from the achievement of the indicators of success, namely, the activity teachers to achieve ≥ 70 %, the average grade is ≥70 % with classical completeness percentage of≥ 70 %, and the constraints that exist in the implementation of the action can be addressedproperly
.


Keywords


: Sarana puzzle learning, Student learning results.

Author Biography

Chamidah – –

Jurusan S1 PGSD FIP Unesa


Abstract View: 47


Untitled Download: 88