Media Pembelajaran Ular Tangga Ipa

Authors


  • I Barap Widiana


    Prodi PGSD, Universitas Pendidikan Ganesha

  • Ni P. Gita Parera


    Prodi PGSD, Universitas Pendidikan Ganesha

  • Adrianus I Barap Ilia Yuda Sukmana


    Prodi TP, Perhimpunan Pendidikan Ganesha

DOI:


https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22556

Keywords:


Efektivitas, IPA, Peluasan, Permainan Ular Tangga, Kesahihan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun ekspansi alat angkut (2) mengetahui kesahihan hasil peluasan ki alat, (3) memahami efektivitas pengembangan media. Penelitian ini tercatat penelitian pengembangan menggunakan konseptual ADDIE. Metode yang digunakan adalah wawancara, kuesioner, pembuktian dan pencatatan sahifah. Data dianalisis dengan teknik kajian deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan statistik inferensial (uji-ufuk). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Media permainan ular tangga dikembangkan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas kajian, desain, peluasan, implementasi, dan evaluasi. (2) Hasil validitas media dinyatakan valid dilihat  terbit
review
para ahli dan pesuluh dengan persentase juru isi mata latihan 92,86%, ahli ki alat penelaahan 82,86%, ahli desain pembelajaran 96,66%, uji coba perorangan 95,39%, uji coba keramaian kecil 93,59%, dan uji coba tanah lapang 94,50%. (3) Uji efektivitas media permainan ular air hierarki menunjukkan bahwa hasil kaki langithitung
(9,6) > kaki langittabel
(2,144). Ini penting terdapat efektivitas sarana permainan ular strata untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV lega kompetensi pengetahuan IPA.

References

Afandi. 2015. “Peluasan Ki alat Pembelajaran Permainan Ular cindai Tinggi Cak bagi Meningkatkan Lecut Berlatih Peserta dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Asal”. Buletin Terobosan Penataran. Vol. 1. No. 1 (hlm. 77-89).

Anggara, I Made Citra., dkk. 2017. “Supremsi Model Pengajian pengkajian Kooperatif Variasi TPS Berbantuan Peta Konsep Terhadap Penundukan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Papan bawah IV”. Sejagat Journal of Elementary Education. Vol.1. No. 4 (hlm.272-280).

Darmawan, L. A.,dkk. 2019. “Pengembangan Media Pu le Susun Kotak pada Tema Ekosistem”. Jurnal Eksplorasi dan Pengembangan Pendidikan, Volume 3, Nomor 1 (hlm.14-17).

Hidayah, Prastyaning., dkk. 2018. “Pengembangan Kendaraan Besikal (Sistem Peredaran Darah) dalam Penataran IPA di Sekolah Dasar”. Antarbangsa Journal of Elementary Education. Vol.2. No. 4 (hlm. 306-310).

Martini, P. W. S., dkk. 2018. “Pengembangan Wayang Tokoh Dongeng Berbasis Pendidikan Karakter lega Latihan Bahasa Bali Kelas III ekolah Bawah”. Harian Jurusan Teknologi Pendidikan, Debit 9, Nomor 2 (hlm.74-85).

Pon a, P. J. R., dkk. 2018. “Ekspansi Wahana Video Kartun pada Penataran Pelajar Kelas bawah IV di Sekolah Radiks”. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan, Piutang 9, Nomor 2 (hlm.8-18).

Pramita, Amilia.,dkk. 2016. “Pengembangan Media Permainan Ular ari Tangga Puas Materi Senyawa Hidrokarbon Kelas XI SMA Lakukan Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa”. Unesa Journal of Chemical Education. Vol. 5. No. 2 (hlm. 336-344).

Purnawan, dkk. 2018. “Pengaruh Ideal Penyakit Based Learning Berbantuan Sarana Animasi Terhadap Kompetensi Pemberitaan IPA Pelajar Kelas V”. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. Vol.2. No. 2 (hlm. 180-190).

Kuntum, N. M. L. K., dkk., 2017. “Pengembangan Video Pendedahan dengan Bahasa Isyarat Berbasis Pendidikan Fiil pada Siswa Kelas V di SDLB-B Negeri 1 Buleleng Waktu Pelajaran 2017/2018”. E-Journal Edutech, Debit 8, Nomor 2 (hlm.1- 11).

Rakhmadhani, Nuzul., dkk. 2013. “Pengaturan Pendayagunaan Metode Teams Games Tuournaments Berbantuan Media Cangkrim Cabang dan Ular cabai Pangkat dengan Ki dorongan Belajar Terhadap Penampakan Pelajar Plong Materi Koloid Kelas XI SMA Wilayah 1 Simo Masa Tuntunan 2011/2012”. Harian Pendidikan Ilmu pisah. Vo. 2. No. 4 (hlm. 190-197).

Suarmika, P. B. A., dkk. 2018. “Pengembangan Media Penelaahan Gambar hidup Sumir Berbasis Kearifan Lokal plong Mata Pelajaran Agama Hindu Kelas bawah V di SD Kewedanan 4 Banyuning Tahun Pelajaran 2017/2018”. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan, Tagihan 9, Nomor 2 (hlm.269-280).

Sudarmika, K. B., dkk. 2018. “Pengembangan Kendaraan Ular Tangga Inovatif kerjakan Meningkatkan Minat Belajar Pelajar Inferior IV Sekolah Dasar”. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan, Debit 9, Nomor 2 (hlm.19-28).

Suryani, Nunuk & Leo Agung. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Berlatih & Pengajian pengkajian di Sekolah Radiks. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tegeh, I Made & I Made Kirna. 2010. Metode Pengembangan. Singaraja: UNDIKSHA.

Tegeh, I Made & Sri Budiartini. 2017. “Dominasi Model Pembelajaran Question Student Have (QSH) Berbantuan Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar IPA”. Internasional Journal of Elementary Education. Vol.1. No. 2 (hlm.137-144).

Tegeh, I Made., dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Source: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/22556

Posted by: likeaudience.com