Malaikat Peniup Sangkakala Pada Hari Kiamat Adalah

Malaikat yang bertugas meniup sangkakala adalah malaikat israfil.

SuaraJatim.id –
Malaikat terdaftar insan nan diciptakan Tuhan SWT dari cerah atau kilat, yang tidak memiliki kemujaraban rububiyah dan uluhiyah. Malaikat itu berbeda dengan insan, di kerumahtanggaan kebiasaan-sifat dan tugasnya.

Arti pembukaan malaikat semenjak dari bahasa Arab ‘malak’ nan memiliki kemujaraban pembawa pesan, rangka jamaknya adalah ‘malaikah’.

Malaikat diyakini sebagai makhluk surgawi, diciptakan dari cahaya maka dari itu Tuhan SWT. Situasi ini disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh orang islam. Hadits tersebut berbunyi.

An ‘aa`isyat qaalat qala rasulullahi shallalahu ‘alaihi wa sallam khuliqatil malaaikati min nuri wa khuliqal jaannu min maari min naar wa khuliqa aadama mimmaa wushifalakum.

Baca Juga:
10 Sifat Malaikat yang Membedakannya dengan Manusia: Tidak Agresif dan Tak Kombinasi Lelah

Artinya: “Malaikat diciptakan dari cahaya dan Jin diciptakan bermula sintesis jago merah, dan laki-laki diciptakan dari kapling.”

Allah SWT menciptakan banyak malaikat dengan berbagai tugas. Namun, n domestik tanzil agama Islam terdapat 10 malaikat yang terlazim diketahui dari banyak malaikat yang ada di bumi dan akhirat.

Salah satunya merupakan Malaikat Israfil yang mempunyai pikulan jawab meniup terompet sangkakala di waktu hari hari akhir.

Pelecok suatu penanda datangnya hari hari pembalasan adalah telah ditiupnya sangkakala. Ketika malaikat Israfil meniupkan sangkakala, maka seluruh basyar tidak dapat mengelis bahwa hari kiamat akan terjadi.

“Dan (ingatlah) pada hari (ketika) sangkakala ditiup, maka terkejutlah apa yang suka-suka di langit dan apa yang ada di manjapada, kecuali siapa yang dikehendakxi Allah. Dan semua mereka datang menumpu-Nya dengan merusakkan diri.” (QS. An-Naml: 87)

Baca Juga:
Apa Saja Hikmah Beriman Kepada Malaikat yang Bisa Kita Rasakan?

Itulah penjelasan malaikat yang bertugas meniup sangkakala.

Source: https://jatim.suara.com/read/2021/12/30/122632/malaikat-israfil-sang-peniup-sangkakala-penanda-hari-kiamat

Posted by: likeaudience.com