Letak Astronomis Adalah Letak Suatu Negara Berdasarkan

Daftar Isi

  • Letak Astronomis Indonesia
  • Letak Astronomis Garis Khatulistiwa
  • Pengaruh Letak Geografis Indonesia
    • Iklim Tropis
    • Iklim Musom
    • Iklim Laut
  • Yuridiksi Letak Astronomis Terhadap Pembagian Waktu di Indonesia
    • 1. Musim Indonesia Bagian Barat (WIB)
    • 2. Tahun Indonesia Bagian Tengah (WITA)
    • 3. Waktu Indonesia Bagian Timur (WIT)
  • Pengaruh Letak Astronomis Terhadap Masyarakat Indonesia
    • 1. Kegiatan Pertanian
    • 2. Kegiatan Ekonomi
    • 3. Sosial dan Budaya
    • 4. Rencana Arsitektur Konstruksi
  • Kelebihan dan Kekurangan Letak Astronomis Indonesia
    • Keuntungan
    • Kehilangan
    • Titik Koordinat
  • Batas Wilayah Indonesia Secara Astronomis
    • Batas Wilayah Indonesia Bagian Utara
    • Tenggat Wilayah Indonesia Fragmen Barat
    • Batas Distrik Indonesia Fragmen Timur
    • Had Wilayah Indonesia Bagian Kidul

Indonesia adalah negara dengan letak posisi tepat dengan garis khatulistiwa. Letak astronomis Indonesia adalah salah suatu negara dengan posisi yang dilalui makanya garis lintang dan garis bujur. Garis lintang dan garis bujur tersebut adalah sebuah garis yang bisa digambarkan dengan cara tegak lurus puas suatu permukaan marcapada.

Pada garis lintang biasanya digambarkan dengan cara horizontal. Sedangakan pada bujur lumrah digambar dengan mandu vertical. Sedangakan fungsi dari garis lintang itu sendiri yakni sebagai pembagi bumi, bagian utara dan bagian selatan.

Sedangkan bagi garis bujur yang bak pembagi bumi menjadi babak timur dan barat adalah perbedaaan dari garis lintang pada perbedaan iklim dan perbedaan garis bujur dengan mempengaruhi tahun. Seperti mana Indonesia yang terwalak plong posisi garis lintang 6° LU (Lintang Utara) – 11° LS (Lintang Selatan) dan 95° BT (Bujur Timur) – 141° BT (Bujur Timur).

Baca lagi: Jumlah Pulau di Indonesia


Letak Astronomis Indonesia

Letak astronomis merupakan letak posisi nan berada kerumahtanggaan satu garis lintang dan derajah. Garis lintang tersebut adalah sebuah garis nan biasa disebutnya dengan garis imajiner dengan bentuk membentang mendatar dengan melingkari bumi. Sedangakan sreg garis bujur merupakan sebuah garis yang biasa disebutnya dengan garis imajiner yang melingkari manjapada dengan cara vertical.

Pada garis lintang dan garis bujur ini terpecah menjadi dua diantaranya adalah garis lintang lor dan garis lintang selatan, dan lega garis ini dibatesi dengan garis ekuador atau garis khatulistiwa. Sedangkan puas garis bujur barat dan derajah timur dibatesi dengan
Greenwich Mean Time.

‘’Letak Astronomis Indonesia, 6° LU (Lintang Utara) – 11° LS (Lintang Selatan) dan 95° BT (Bujur Timur) – 141° BT (Bujur Timur).’’

Baca juga: Peta Asia Tenggara


Letak Astronomis Garis Khatulistiwa

Letak Astronomis Garis Khatulistiwa

Letak astronomis ekuator merupakan sebuah garis alias yang biasa disebutnya dengan garis akuador. Seperti halnya yang terjadi di negara Indonesia yang yaitu negara dengan letak pas dengan garis khatulistiwa, ekuator sendiri bernas mengelilingi bumi dengan panjang 40.0007 Km.

Berdasarkan data berbunga letak astronomis Indonesia, didalam kawasan Indonesia pula ada sebagaian daerah yang dilalui sepan dengan garis khatulistiwa. Contoh begitu juga kawasan Pulau Batu Sematera, Pontianak (Kaliamantan), Sulawesi, Kapulauan Lingga, Kayoa, Pulau Gede, dan Kepalauan Halmahera.

Sedangkan untuk perairan yang dilewati garis khatulistiwa suka-suka pada distrik Selat Karimata, Selat Makassar, Luat Maluku, Teluk Tomini, serta Laut Halmahera. Selain itu, untuk kewedanan nan letaknya pas dengan garis khatulistiwa juga n kepunyaan arti, salah satu keistimewaanya yakni waktu siang dan malam didaerah tersebut mampu memakan waktu selama 12 jam.

Ketika medium kerumahtanggaan
ekuinoks, yakni matahari akan berada dalam posisi diatas kepala kita khusunya pada siang hari.
Ekuinoks
yakni ketika pada pusat matahari berada dalam posisi sejajar dengan garis khatulistiwa. Maka dengan demikian akan terjadi dua kali selama satu tahun.Kira-terka hal tersebut akan terjadi pada 20 Maret, dan 22 September.

Baca pula: Letak Astronomis ASEAN


Pengaruh Letak Geografis Indonesia

Berikut yakni pengaruh-pengaruh nan disebabkan semenjak letak geografis Indonesia, riuk satunya merupakan iklim tropis yang dimiliki Indonesia. Bakal iklim tropis koteng cak semau pada 23,5° LU – 23,5° LS, kaprikornus maksudnya Indonesia gemuk kerumahtanggaan 6° LU – 11° LS dengan beriklim tropis.

Selain itu Indonesia yang memiliki iklim tropis juga ternyata dipengaruhi oleh dua iklim tak adalah sebagaimana iklim musom dan iklim laut. Bakal kian jelasanya simak poin-poin berikut ini.


Iklim Tropis

Pada dasarnya iklim tropis memiliki kehadiran dengan letak posisi garis 23,5° LU – 23,5° LS. Pada daerah ini umumnya akan mendapatkan sinar surya n domestik sepanjang hari. Selain itu, iklim ini juga punya keadaan kelembapan udara dan curah hujan nan tinggi.

Internal hal ini, maka hanya terdapatlah dua musim puas kewedanan iklim tropis dalam hari setahun, yakni musim sensual dan periode hujan hanya, bikin pergantian musimnya hanya berkisar 6 Bulan.


Iklim Musom

Iklim musom merupakan sebuh iklim yang disebabkan dari perubahan kilangangin kincir nan terjadi dalam setiap masa. Angin musom sekali lagi terbagi menjadi dua tipe yakni angin musom timur dan angin musom barat.

  • Lakukan Angin Musom Timur, yakni ini angin yang melewati Gurun Gibson sehingga menyebabkan musim kemarau.
  • Sedangkan Kilangangin kincir Musom Barat, yakni angin yang berasal berbunga Benua Asia ke Australia.


Iklim Laut

Iklim laut merupakan iklim yang disebabkan karena adanya dua atau tiga distrik perairan dan adanya tahapan guyur hujan abu yang terjadi.

Baca juga: 4 faktor iklim di Indonesia dan penjelasannya


Kontrol Letak Astronomis Terhadap Pembagian Tahun di Indonesia

Seperti letak yang terjadi sreg kawasan meridian dengan pendistribusian waktu, meridian 0° nan melintasi kota
Greenwich
(Inggris), dan masa standart dunia (GMT,
Greenwich Mean Time). Sedangkan puas letak astronomis Indonesia, disesuaikan dengan garis bujur 95°BT – 141° BT, sehingga menyebabkan setiap negara punya zona hari yang berlainan.

Untuk pembagian waktu di negara Indonesia koteng diatur maka itu akta Nomor 41 Tahun 1987, (Kopi Keputusan Kepresidenan).Berikut adalah letak astronomis terhadap pembagian masa nan terjadi di negara Indonesia.


1. Waktu Indonesia Babak Barat (WIB)

Untuk kawasan dengan zona musim WIB, berdasarkan garis bujur suka-suka pada garis 95°BT -105°BT, letak ini ada pada posisi bagian barat indonesia alias yang kita kenal dengan sebutan (WIB), dan terdiri atas negeri sebagai halnya, Sumatera, Jawa, Madura, Kalimantan (Hanya adegan Barat). Sedangkn cak bagi waktu interasionalnya legal ditulis dengan (WIB) maupun (GMT +7).


2. Waktu Indonesia Bagian Tengah (WITA)

Lakukan zona waktu WITA, berada dalam garis 10°BT – 120°BT, zona waktu dan provinsi ini terdiri atas kewedanan-daerah sebagai halnya Denpasar (Bali), Sulawesi, Kalimantan (Selain Kalimatan fragmen barat), NTT, dan NTB. Alesan disebut dengan masa fragmen tengah, kejadian ini karena kedatangan distrik tersebut ada puas bagian tengah-tengah Indonesia yakni berada diantara Timur dan Barat. (WITA) awam ditulis dengan (GMT +8).


3. Musim Indonesia Bagian Timur (WIT)

Bakal pembagaian WIT, distrik ini suka-suka pada garis setelah 120°BT – 135°BT, nan terdiri atas distrik Papua dan Maluku. Buat zona waktu WIT, konvensional ditulis dengan (GMT +9).

Baca juga: Letak Astronomis ASEAN


Pengaruh Letak Astronomis Terhadap Awam Indonesia

Berdasarkan letak astronomis, Indonesia punya daerah beriklim tropis dangan siram bujan yang sangat tinggi. Kejadian ini sekali lagi ternyata boleh mempengaruhi plong hidup umum Indonesia, salah satunya yaitu keadaan tanah yang sangat cocok bagi dijadikan pertanian.Berikut merupakan pengaruh dari adanya letak astronomis pada kehidupan Indonesia.


1. Kegiatan Pertanian

Letak astronomis Indonesia, Indonesia juga mejadi negara suatu-satunya yang mendapatkan sinar matahari dalam periode sepanjang tahun, selain itu Indonesia juga punya guyur hujan yang lewat tinggi. Sehingga peristiwa ini lagi dapat mempengaruhi kondisi kegiatan pertanian sejauh tahun. Bahkan, ki kenangan mengatakan bahwa Indonesia sudah melukukan bercocok tanam sebelum adanya pengaruh india masuk.


2. Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi di Indonesia, yang di pengaruhi maka dari itu iklim yang stabil dan tidak cak semau perbedaan dengan yang lainnya. Membuat ekonomi masyarakat bisa bepergian dalam selama perian.


3. Sosial dan Budaya

Berdasarkan ki kenangan, menyatakan bahwa pitarah Indonesia merupakan seorang nan berpangkal berpokok para
pelaung ulung, yang dulunya dipengaruhi maka dari itu angina musom timur dan angina musom barat. Sehingga mewujudkan Indonesia manjadi jalur penyebrangan internasional plong zaman dahulu.


4. Kerangka Arsitektur Konstruksi

Kondominium mahajana tradisional Indonesia, punya rajah bermacam-jenis. Doang, dalam setiap rumah yang cak semau tetaplah sekufu tetapi. Khususnya puas bagian atapnya yakni memiliki bentuk prisma, tujuannya seorang bakal mempermudah ketika air hujan turun, dengan sejenis itu aliran air akan dapat bergerak dengan baik.


Kelebihan dan Kekurangan Letak Astronomis Indonesia

Letak astronomis indonesia yakni 6°LU – 11°LS dan 95°BT – 141°BT, sedangkan untuk keuntungan dan kekuranganya dari letak tersebut adalah sebagai berikut ini.


Keuntungan

  • Indonesia beriklim tropis (tanah subur)
  • Negara yang hangat dengan sinar syamsu melimpah
  • SDA nan beraneka kelakuan dan melimpah
  • Siram hujan yang tahapan


Kekurangan

  • Dengan posisi garis lintang ini, Indonesia memiliki banyak ancala berapi, sehingga sangat rawan terjadi bencana.
  • Cuaca panas, momen tahun kemarau masyarakat mudah dijangkiti penyakit bak flu dan lainnya.
  • Derita tahun pancaroba


Tutul Koordinat

Noktah harmonisasi berlandaskan letak Astronomi Indonesia merupakan 6°LU – 11°LS dan 95°BT – 141°BT. Peristiwa ini Indonesia memiliki iklim tropis dan bakal posisi letaknya sendiri Indonesia mewah dalam Bumi pecahan Timur.


Batas Kewedanan Indonesia Secara Astronomis

Batas Wilayah Indonesia Secara Astronomis

Berikut adalah perenggan-batas kawasan Indonesia berdasarkan letak Astronomis Indonesia, untuk sepenuhnya bagaikan beriku ini :


Batas Wilayah Indonesia Babak Utara

Untuk bagian Utara, sempadan negeri Indonesia yakni berbatasan dengan Malaysia, tepatnya merupakan daerah Kalimantan (Borneo). Sementara untuk wilayah laut Indonesia berbatasan dengan 5 negara diantaranya adalah Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Singapura.



Takat Wilayah Indonesia Bagian Barat

Bagi episode Barat, distrik Indonesia ialah berbatasan dengan Samudera Hindia dan perairan India.



Takat Negeri Indonesia Bagian Timur

Untuk bagian Timur, batas wilayah Indonesia berbatasan dengan daerah Papua Nugini sedangkan untuk perairanya Indonesia bagian Timur ini berbatasan dengan Samudera Pasifik.




Batas Wilayah Indonesia Bagian
Selatan


Cak bagi bagian Selatan, Batas wilayah Indonesia berbatasan dengan Timor Leste. Sedangakan perairanya Indonesia bagian selatan ini berbatasan dengan Australia, dan Samudera Hindia. Dalam hal ini, timor leste yaitu negara yang dulunya masih intern satu wilayah dengan Indonesia. Namun, pada rekata itu timor leste malah lebih mengidas untuk bercerai dengan negara Indonesia.

Demikianlah pembahasan Pinhome kali ini akan halnya letak astronomis Indonesia, lengkap beserta penjelasan tulangtulangan, batas distrik, dan dampak berbunga letak astronomis tersebut. Semoga pembahasan ini dapat signifikan!

Baca pula:

  • Peta 10 Negara Anggota ASEAN
  • Batas Kawasan Indonesia Lengkap Peta
  • Denah Sumatra Lengkap 10 Distrik

Editor:
Syahya Wulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melewati acara NUP kerjakan akses eksklusif. Untuk kamu kantor cabang properti objektif ataupun agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan perwakilan properti bersama kami dan iklankan properti ia di sini.

Ia juga bisa belajar seterusnya mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Namun di Pinhome.id yang memberikan kemudahan kerumahtanggaan membeli properti.
Pinhome

PINtar dagang sewa properti.

Source: https://www.pinhome.id/blog/letak-astronomis-indonesia/

Posted by: likeaudience.com