Kasus Pembelajaran Ipa Kelas 4 Sd





















Lonceng berbunyi sreg pukul 08.35 WIB setelah istirahat. Pak Sugiyono kembali turut kelas IV SDN-1 Parenggean. Anak – momongan buru-buru kembali ketempat duduknya masing – masing. Selongsong Sugiyono mengucapkan salam dan secara serentak momongan – anak pun menyambutnya dengan sama.

Sebelum memulai cak bimbingan, Pak Sugiyono mengutarakan intensi pada pembelajaran yang ingin di capai lega Pembelajaran IPA hari ini, yaitu memahami bagan hamba allah.

Setelah membacakan tujuan penerimaan tersebut, Bungkusan Sugiyono menuliskan atlas konsep tersebut, Bungkusan Sugiyono menuliskan peta konsep pembelajaran tentang kerangka basyar di tiang tulis dengan pamrih hasil yan kepingin dicapai dapat terkabul dengan baik.

Kelongsong Sugiyono pun menguraikan dengan rinci tanpa ada satupun yang terlewatkan dan anak asuh – anak mendengarkan dengan seksama. Tak terasa 25 menitpun berlalu. Kemudian Pak Sugiyono mengadakan tanya jawab tentang kerangka individu tersebut nan plonco semata-mata dijelaskan Pak Sugiyono. Dari 5 soal sahaja 1 pertanyaan nan dapat dijawab dengan benar maka dari itu salah sendiri siswa. Melihat hal tersebut Paket sugiyono merasa taksir sano dan kecewa karena semuanya tidak seperti apa yang diharapkannya.

Kemudian Pak Sugiyono meneruskan menjelaskan akan halnya Kerangka Manusia. Bukan terasa waktu telah menunjukkan pukul 09.00 WIB, Buntelan Sugiyono menanyakan siswa mengerjakan Tes Formatif yang terwalak pada daya paket hoki peserta masing – masing. Bau kencur sja musim berlalu 20 menit, ada salah seorang  pesuluh yang sudah selesai mengerjakannya dan serta merta menyerahkan tugasnya ke Pak Sugiyono. Seketika itu pun Pak Sugiyono menanyai hasil kerja petatar tadi. Kemudian setelah disusul lagi 2 orang pelajar enggak, dan ternyata dari bilang siswa nan sudah selesai dikoreksi, karenanya sebagian poin masih dibawah standar pecah tujuan pembelajaran Pak Sugiyono.

Penyelesaian Kasus/analisis kasus.

1.
Bilang informasi kunci /penting yang terwalak di kasus :

a.
Pak Sugiyono mengajarkan topik akan halnya mengetahui Tulangtulangan manusia.

b.
Media yang disiapkan adalah peta konsep tentang kerangka sosok.

c.
Bungkusan Sugiyono menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai kepada siswa.

d.
Paket Sugiyono menjelaskan tentang kerangka cucu adam, selepas itu menyuruh anak asuh – anak cak bagi mengisi Tali Kerja (LK).

e.
Semenjak pemeriksaan lembar kerja tersebut didapat hasil yang menjengkelkan ternyata masih banyak pelajar yang masih belum megerti dan hasil dibawah standar.

2.
Perumusan komplikasi yang ditemukan dapat dijabarkan dalam kalimat pertanyaan dan pernyataan.

a.
Perumusan masalah intern bentuk kalimat tanya

Mengapa prosedur pembelajaran yang dilakukan Pak Sugiyono tidak memberikan hasil yang memuaskan?

b.
Perumusan maslah dalam bentuk kalimat pernyataan.

Prosedur penelaahan yang dilakukan Pak Sugiyono tidak mengasihkan hasil yang memuaskan.

3.
Dari perumusan maslah sreg awalan 2, teridentifikasi beberapa penyebab maslah seperti dibawah ini :

a.
Media yang digunakan / disediakan Pak Sugiyono adv minim memadai dan maksimal.

b.
Selongsong Sugiyono lain menyebutkan apersepsi pada pembelajaran yang akan dilaksanakan dan dilalui.

c.
Kemasan Sugiyono tidak menjelaskan prosedu kerja LKS.

4.
Alternatif separasi terbit penyebab maslah.

Sendiri guru seyogiannya bisa menyediakan dan menggunakan media dengan baik serta dapat menyebutkan apersepsi tutorial dan mengklarifikasi prosedur kerja LKS.

5.
Kajian keefektifan dan kelemahan alternatif. Eksploitasi media yang maksimal dan pengelolaan kelas sangat baik dan efektif dalam penunjag proses pembelajaran.

6.
Alternatif nan mungkin mendukung bersendikan identifikasi permasalahannya.

Internal pencapaian intensi pembelajaran yang baik mudah-mudahan guru bisa membentangkan apersepsi les, menjelaskan prosedur pemuatan LKS dan pengelolaan kelas yang baik.

Source: http://lajook.blogspot.com/2010/08/kasus-pembelajaran-ipa.html

Posted by: likeaudience.com