Ilaha Illa Anta Subhanaka Inni Kuntu Minadzolimin

Ilustrasi membaca La Ilaha Illa Anta Subhanaka Inni Kuntu Minadzolimin. Foto: Shutterstock


Salah satu bentuk ikhtiar umat Muslim dalam memohon sesuatu kepada Allah SWT adalah dengan memanjatkan


doa

. Serupa itu pun nan dilakukan Nabi Yunus ketika dirinya terperangkap di n domestik perut ikan paderi. Ia membaca


La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu

,


bacaan doa


nan kini dikenal dengan tahlil Nabi Yunus.


Dikisahkan bahwa detik menjalankan misi dakwahnya, Nabi Yunus AS mendapat habuan plural cobaan. Pelecok satunya adalah saat dirinya ditelan dan terjebak di n domestik makanan ikan uskup.


Setelah bertahun-tahun berdakwah di Ninawa, masih banyak kaumnya yang tidak bertaubat dan jauh semenjak jalan Allah SWT. Puncaknya, Nabi Yunus menyerah dan memutuskan untuk menghindari kaumnya. Ia pergi menuju laut dan ikut berlayar bersama sebuah kapal yang ditemuinya.


Di paruh perjalanan, kapal yang ditumpanginya tersebut diterpa badai yang sangat dahsyat. Air laut yang mulanya tenang pun tiba-tiba bergelombang. Gulungan ombak disertai angin yang kencang membuat kapal yang ditumpangi Rasul Yunus mengempul di tengah lautan.


Biar komoditas-barang telah diceburkan ke laut untuk mengurangi bahara, kapal tersebut masih namun oleng. Akhirnya, sang nahkoda memutuskan melakukan pengundian buat memilih penumpang yang akan dikeluarkan dari kapal.


N domestik pengundian tiga bisa jadi berturut-turut, nama Rasul Yunus yang keluar. Nabi Yunus mengamini keputusan itu dengan ikhlas. Anda memercayai bahwa ini adalah resistansi Sang pencipta terhadap kesalahannya yang sudah lalu menjauhi kaumnya di Niwana sonder mendengar perintah Allah dahulu.


Akhirnya, sira menceburkan diri ke laut. Di saat itu pula Yang mahakuasa mengutus seekor ikan paderi cak bagi menelan Nabi Yunus. Akibatnya, Utusan tuhan Yunus kembali terkungkung kerumahtanggaan perut ikan samudra tersebut.


Di tengah situasi nan tak tentu antara hidup dan antap, dia menyadari bahwa tak terserah nan mampu menyelamatkannya selain Almalik. Lantas, Nabi Yunus memohon pertolongan Allah SWT, ia memanjatkan doa yang berbunyi:


لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ



La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin.


Artinya: “Bahwa tidak ada Almalik selain Dia. Maha Masif Engkau, sesungguhnya aku merupakan terjadwal individu-orang yang zalim.”


Dalam ratib tersebut, Utusan tuhan Yunus menerima bahwa dirinya termasuk orang-orang nan zalim karena mengabaikan amanah untuk menjalankan tugas dakwah.


Selama 40 hari bakir di dalam kas dapur lauk paus, Nabi Yunus terus menerus berdzikir dan memohon ampun kepada Allah SWT. Karena kesungguhannya, Allah kemudian menerima taubat Nabi Yunus dan mensyariatkan lauk paus itu bikin memuntahkannya ke daratan.


Fungsi Takbir Nabi Yunus

Ilustrasi membaca ratib Nabi Yunus. Foto: Unsplash


Doa yang dipanjatkan Rasul Yunus saat mampu di kerumahtanggaan perut ikan paus dipercaya punya segudang


kemustajaban

. Tak heran kalau banyak ulama yang menyampaikan cak bagi mengamalkannya.


Privat kitab Abwab al-Faraj, Syekh Sayyid Muhammad polong al-Alawy al-Maliky al-Hasani mengekspos, ada ulama dan walinyang membacanya minus putus sebanyak 40 kali setelah sholat pagi buta. Ada pula nan membaca 1000 siapa saban hari.


Ketakutan wirid Rasul Yunus sudah lalu dijelaskan Rasulullah SAW melampaui sabdanya bagaikan berikut:




Wirid Dzun Nuun (Utusan tuhan Yunus) ketika anda berdoa kerumahtanggaan perut ikan paderi adalah: “Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, innii kuntu minadz dzaalimiin”. (Artinya: Tidak ada Tuhan yang berwenang disembah kecuali Engkau (ya Allah), Maha Safi Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk di antara orang-sosok yang berbuat zalim/aniaya). Sesungguhnya tidaklah seorang muslim berdoa dengannya dalam suatu masalah, melainkan Allah kabulkan baginya.

” (H.R. At-Tirmidzi).


Selain itu, internal riwayat al-Penengah dari Sa’ad kedelai Abi Waqash, disebutkan jika membaca 40 kali doa Rasul Yunus momen sakit, lalu kemudian dia meninggal, maka beliau akan mendapatkan pahala bani adam yang meninggal martir.

Source: https://kumparan.com/berita-hari-ini/doa-nabi-yunus-la-ilaha-illa-anta-subhanaka-inni-kuntu-minadzolimin-1w8VpzNg04Z

Posted by: likeaudience.com