Hewan Yang Mengalami Perkembangbiakan Dengan Tunas Contohnya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia independen

Saccharomyces cerevisiae
bereproduksi dengan merecup

Tunas
atau
bersemi
adalah lembaga reproduksi aseksual di mana organisme bau kencur tumbuh sreg satu sama enggak. Organisme baru setia tertuju seiring dengan pertumbuhan, memisahkan berasal organisme indung hanya ketika matang. Karena reproduksi merupakan aseksual, organisme plonco dibuat merupakan klon dan secara genetik identik dengan organisme induk. Sebuah organisme bau kencur tumbuh berpunca hasil atau kuncup pada orang bertongkat sendok.

Pada bakteri yang disebut recup, pembagian yang tidak merata kerangkeng terjadi melangkaui pertumbuhan tempatan. Bui anak ( tunas ) biasanya kian kecil tinimbang sel ibu, sebagai pasangan fisi.

Intern khamir menembak uniseluler (ragi) dan multiseluler pupuk terjadi salah satu bersumber dua sebelumnya oleh pembelahan penjara terbentuk protoplas dari pori publik dinding pengasingan dan bagan untuk dinding sel yunior, sedangkan protoplas lainnya tetap di dinding sel wreda, hanya untuk menyelimuti kebutuhan pori. Pori-pori dapat dilihat dengan ayah bunda mereka di yang disebut jebolan luka. Plong jamur kantung, dengan konidia di Basidiomycota nan basidia dan basidiospora oleh semi terlatih.

Pada pokok kayu yang disebabkan oleh pertumbuhan proses-proses lokal ekses yang larut lebih alias kurang khusyuk berpunca tanaman indung, misal pada cocor bebek.

Pada hewan multiseluler renda mania sel pada permukaan individu emak berbunga, menghasilkan individu anak, jika mereka konstan pada organisme induk, sehingga koloni. Tunas ditemukan kerumahtanggaan spons (Porifera), coelenterata (Coelenterata), bryozoa (Bryozoa), tunikata (Tunicata) dan beberapa Annelida (Naidinae).

Tunas internal atau
endodyogeny
adalah proses reproduksi aseksual, dilakukan makanya parasit seperti
Toxoplasma gondii. Ini melibatkan proses yang tidak biasa di mana dua sel anak nan dihasilkan di dalam sel induk, nan kemudian dikonsumsi oleh anak asuh sebelum perpisahan mereka.[1]

Endopolygeny
adalah divisi menjadi sejumlah organisme sekaligus dengan taruk internal.[1]

Reproduksi sato

[sunting
|
sunting sumber]

Pada hewan multiseluler (metazoa) pertalian keluarga boleh berkembang ibarat pertumbuhan pecah ibu. Dabat nan berkembang biak dengan tunas tertera karang, sejumlah spons, anemon laut, beberapa cacing linyak acoel (misalnya
Convolutriloba) dan larva echinodermata.

Recup seluler

[sunting
|
sunting sumur]

Beberapa sel membelah melintasi tunas, misalnya
Saccharomyces cerevisiae, keberagaman ragi nan digunakan intern pembuatan roti dan bir. Proses ini menghasilkan ‘ibu’ dan sel ‘anak’ yang lebih katai.

Virologi

[sunting
|
sunting mata air]

Dalam virologi, tunas ialah bentuk pelepasan virus dimana virus memperoleh amplop eksternal berpangkal membran sel inang, nan menonjol keluar dan mengebat virion.

Reproduksi tanaman

[sunting
|
sunting sumber]

Di rataan pertanian dan hortikultura, tunas mengacu mencangkok tunas berpunca satu tanaman ke yang lain.

Tatap juga

[sunting
|
sunting sumber]

  • Fragmentasi (reproduksi)
  • Paratomi
  • Fisi (biologi)

Teks

[sunting
|
sunting sumber]

  1. ^


    a




    b




    James Desmond Smyth, Jejer Wakelin (1994).
    Introduction to animal parasitology
    (edisi ke-3). Cambridge University Press. hlm. 101–102. ISBN 0-521-42811-4.






Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Tunas_(reproduksi)

Posted by: likeaudience.com