Bahan Ajar Ipa Multimedia Interaktif Kelas 8

Syafti, Nadya Khairiyah
(2021)
Pengembangan Multimedia Interaktif Penelaahan IPA Materi Sistem Pencernaan Manusia dan Zat Aditif dan Adiktif berbasis Pendekatan Keilmuan untuk Inferior VIII SMPN 1 Kec. Mungka.
Masters thesis, Perguruan tinggi Negeri Padang.

Abstract

Berkembangnya ilmu pesiaran dan teknologi membawa cucu adam dalam persaingan mondial. Cara yang dapat ditempuh oleh satu negara hendaknya dapat bertahan dalam persaingan mondial ialah dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia seperti mana pendidikan. Berdasarkan hasil investigasi awal di SMPN 1
Kee. Mungka terhadap hawa IPA, diketahui bahwa pembelajaran IPA nan
dilakukan doang menggunakan media pembelajaran sebagai halnya powerpoint yang di download dari youtube, charta – charta dan menggunakan objek sekalian namun masih belum adanya ketersedian bahan ajar berupa multimedia interaktif di sekolah. Kesulitan peserta bimbing untuk memafhumi materi pelajaran IPA pada konsep-konsep yang abstrak, berdampak terhadap hasil belajar pesuluh didik. Harapan penelitian ini adalah menghasilkan multimedia interaktif pada Materi sistem pencemaan manusia dan zat aditif dan adikif nan meyakinkan, praktis dan efektif.
Riset pengembangan (research and development) multimedia
interaktif menggunakan lengkap plomp. Metode penajaman ini dilkakukan evaluasi formatif pengujian validasi multimedia interaktif oleh 3 individu dosen validator, praktikalitas multimedia interaktif maka itu guru ilmu hayat dan peserta didik, efektifitas pada kelas bawah eksperimen dan inferior pengaruh.
Hasil penilaian pembenaran makanya validator terhadap multimedia interaktif
materi sistem pencemaan orang menunjukkan nilai rata-rata 90,56% (sangat jujur) dan penilaian validasi oleh validator terhadap multimedia interaktif materi zat aditif dan adiktif menunjukkan nilai rata-rata 88,68% (silam valid). Hasil penilaian praktikalitas makanya master biologi menunjukkan nilai rata-rata 86,51 % (sangat praktis) dan hasil penilaian praktikalitas oleh peserta didik diperoleh nilai umumnya 89,31 % (sangat praktis). Hasil uji efektifitas multimedia interaktif dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa pelihara menunjukkan bahwa multimedia interaktif tinggal efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan silam valid, silam praktis, dan sangat efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi – S1
Depositing User:
Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Apr 2021 07:45
Last Modified: 28 Apr 2021 07:45
Saudara: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31288

Actions (login required)

View Item View Item

Source: http://repository.unp.ac.id/31288/

Posted by: likeaudience.com