Bahan Ajar Ipa Kelas 5

Radas bimbing yaitu modul pelihara dan gerendel referensi yang  kontributif hawa intern mengimplementasikan Kurikulum  Merdeka. Dibawah ini saya sertakan modul didik IPAS SD Fase C kelas 5-6 nan boleh dijadikan rujukan sobat GS semua.

Sebagiamana diketahui  mata pelajaran IPA dan IPS dikurikulum sebelumnya ialah kurikulum 2013 masih terpisah dan pada kurikulum Merdeka 2022 buat netra pelajaran IPA dan IPS digabung menjadi IPAS (Ilmu PengetahuanAlam dan Sosial) sebagai fondasi sebelum anak membiasakan IPA dan IPS terpisah di jenjang SMP.

Perangkat ajar merupakan modul ajar dan buku teks yang  membantu guru dalam mengimplementasikan Kurikulum  Merdeka. Dibawah ini saya sertakan modul ajar IPAS SD Fase C kelas 5-6 yang bisa dijadikan rujukan sobat GS semua.  Sebagiamana diketahui  mata pelajaran IPA dan IPS dikurikulum sebelumnya yaitu kurikulum 2013 masih terpisah dan pada kurikulum Merdeka 2022 untuk mata pelajaran IPA dan IPS digabung menjadi IPAS (Ilmu PengetahuanAlam dan Sosial) sebagai fondasi sebelum anak belajar IPA dan IPS terpisah di jenjang SMP.

Satuan pendidikan yang menggunakan modul pelihara yang disediakan pemerintah, maka modul pelihara tersebut boleh dipadankan dengan RPP Terlalu, karena modul asuh tersebut mempunyai komponen yang lebih lengkap dibanding RPP.

Selain itu satuan pendidikan boleh mengembangkan modul jaga secara mandiri, maka modul ajar tersebut dapat dipadankan dengan RPP.



ataupun relasi keduanya ialah menggunakan berbagai perangkat ajar tercatat modul ajar atau RPP dengan kecukupan komponen dan format yang berbagai sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik.

Modul pelihara sendiri bertujuan untuk mengembangkan perangkat ajar yang menganjuri pendidik melaksanakan pembelajaran. dengan demikian pendidik memiliki kedaulatan untuk:

  • memilih atau memodifikasi modul ajar nan mutakadim disediakan pemerintah bagi menyetimbangkan modul jaga dengan karakteristik peserta didik, atau
  • menyusun seorang modul ajar sesuai dengan karakteristik siswa asuh.

Modul yang baik memiliki kriteria sebagai berikut :


  1. Esensial: Kognisi konsep mulai sejak setiap ain les melalui asam garam belajar dan lintas kesetiaan.

  2. Menarik, penting dan menantang: Menumbuhkan minat bikin belajar dan melibatkan petatar jaga secara aktif intern proses berlatih. Berhubungan dengan embaran dan camar duka yang dimiliki sebelumnya sehingga tidak terlalu kompleks, namun juga bukan sesak mudah untuk tahap usianya.

  3. Relevan dan kontekstual: Berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman nan dimiliki sebelumnya, dan sesuai dengan konteks waktu dan tempat peserta didik berbenda.

  4. Kontinu: Keterkaitan silsilah kegiatan penelaahan sesuai dengan fase sparing peserta ajar.

Dibawah ini saya sodorkan Modul ajar IPAS SD Fase C kelas 5-6 yang telah dikurasi oleh Kemdikbudristek, namun tentunya kalu cak hendak digunakan di satuan pendidikan Sobat GS, upayakan bagi di sesuaikan dengan konteks dan karakteristik satuan pendidik dan murid didiknya masing-masing :



No Bab /Materi Penulis Unduh
1 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Unduh
2 Energi Nur Amalina Unduh
3 Energi Dhian Yulia Krishantari Unduh
4 Energi NN Unduh
5 Sistem Pernapasan Manusia (Refo) Lerry Palit Unduh
6 Sistem Pernapasan Manusia Marsaria Primadonna Unduh
7 Organ Gerak Hewan Lerry Alit Unduh
8 Keadilan Ekosistem Selaka Ajeng Oka Bimala Unduh
9 Kegiatan Ekonomi Nur Amalina Unduh

Demikia Modul Asuh IPAS SD Fase C inferior 5-6, semoga boleh menjadi rujukan untuk direvisi sesuai konteks dan karakteristik masing-masing, kiranya bermakna.

Penelusuran tercalit :

  • contoh modul ajar
  • modul ajar SD kurikulum merdeka
  • modul bimbing SMP kurikulum merdeka
  • modul ajar kemdikbudristek.pdf
  • modul aja SMA kurikuum merdeka
  • download modul ajar Kurikulum merdeka
  • capaian pendedahan SD
  • Alur tujuan Pembelaajaran SD

Panggil saja ADH

Panggil semata-mata ADH
“Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling luhur adalah mengajar” (KH Maimoen Zubair)

Source: https://www.gurusumedang.com/2022/06/modul-ajar-ipas-sd-fase-c-kelas-5-6.html

Posted by: likeaudience.com