Bahan Ajar Ipa Kelas 5 Cahaya


“MODUL Membiasakan IPA KELAS V SD Binar DAN Perkakas OPTIK”


Kilap DAN Perkakas OPTIK

Setiap malam, Andi selalu mendaras buku di kamarnya. Semua tuntunan nan sudah lalu dipelajari pada siang musim, dia baca sekali lagi. Selain itu, Andi cerbak mempersiapkan buku pelajaran yang akan dipelajarinya esok masa di kelas bawah. Suasana di kamar terbantah terang. Lampu menyinari setiap benda yang ada di dalamnya. Menurutmu, apakah Andi bisa membaca jika lampu busur penerangnya dimatikan? Andi bisa membaca karena ada cahaya. Cak kenapa kurat bisa menerangi semua isi yang ada di kamar? Apakah sifat-sifat yang dimiliki oleh cahaya tersebut?

Pada Modul ini engkau akan mempelajari sifat-sifat cuaca dan alat-radas optik yang memanfaatkan adat-sifat panah tersebut. Coba anda sebutkan contoh-contoh perangkat tersebut. Pembahasan ini sangat menarik lakukan kamu pelajari karena perabot-alat tersebut sering kamu temukan di  rumahmu. Buat itu, pelajarilah pembahasan peta konsep berikut  dengan saksama.


A. SIFAT-SIFAT CAHAYA

Sebuah benda dapat dilihat karena adanya cahaya, yang memancar atau dipantulkan mulai sejak benda tersebut, yang hingga ke ain.

Cahaya menurut sumber berasalnya terserah 2 macam, yaitu:

1. kirana nan berpangkal bersumber benda itu sendiri, seperti matahari, senter, lilin, dan bola lampu; Coba sebutkan sumur nur sreg gambar dibawah ini!



2. cahaya yang memancar berusul benda akibat memantulnya kilauan plong satah benda tersebut berpokok sumber semarak. Misalnya, jika kamu melihat benda berwarna biru, artinya benda tersebut memantulkan cuaca berwarna biru

Rencana Prestasi Pelangi

Cuaca nan buruk perut kamu lihat adalah cahaya kelihatan. Cahaya tampak sesungguhnya tersusun atas semua corak pelangi. Jika sinar mentari menembus granula air hujan, akan dibelokkan dan diuraikan menjadi tujuh warna. Sapta rona tersebut antara tidak, berma, jingga, asfar, hijau, biru, nila, dan ungu. Bagaimana dengan benda yang bercat hitam dan kalis? Benda akan tampak hitam jika benda tersebut menyerap semua rona kilat. Benda akan terlihat putih jika benda tersebut memantulkan semua warna kirana. Untuk lebih memahami rona cahaya.


1. Cahaya Rembet Lurus

Saat berjalan di keremangan, kamu memerlukan lampu baterai. Ketika senter kamu nyalakan,bagaimana arah rambatan terang yang keluar dari senter tersebut? Kirana bersumber lampu senter arah rambatannya menurut garis harfiah. Benarkah sinar merambat verbatim? Sira dapat membuktikan sifat cahaya ini dengan melakukan kegiatan berikut.

Siapkan Instrumen dan alamat

1. Parafin 1 biji zakar

2. Karton 3 lembar

Langkah kerja

1. Tandai ketiga kardus tersebut dengan huruf A, B, dan C.

2. Lubangi ketiga kubus setinggi lilin dengan paku katai.

3. Letakkan ketiga karton secara bersambungan, dengan penyangga, tiba dari karton

A, B, dan C, sehingga setiap lubang terletak pada suatu garis lurus. Untuk memu-

dahkan, gunakan utas yang dimasukkan pada setiap liang kubus. Amatilah gambar di atas.

4. Nyalakan lilin dan letakkan di depan karton C.

5. Amati olehmu semarak lilin berpokok pencong karton A.

Jawablah pertanyaan berikut

1. Apakah cahaya parafin terlihat dari korok A?

2. Geserlah karton A atau dus B ke kanan dan ke kiri. Apakah cahaya lilin masih terlihat detik posisi karton dipindahkan?

3. Bagaimanakah letak lubang ketiga kardus agar cahaya lilin tampak?

4. Apakah kesimpulanmu berpangkal kegiatan itu?

Sifat cahaya yang menular lurus ini dimanfaatkan manusia pada lampu senter dan bola lampu media bermotor. Kelebihan lainnya masih banyak kembali.


2. Semarak Dapat Menembus Benda Bening

Kilat menembus benda bening dapat terlihat jika kamu menerawangkan plastik bening, gelas kaca, alias cari benda bening lainnya ke arah kilat lampu. Sinar tersebut bisa kita lihat karena cahaya dapat menembus benda bening. Jika cahaya akan halnya benda nan gelap (tidak bening) misalnya tanaman, tangan, mobil, maka akan membentuk gambaran.




3. Binar Bisa Dipantulkan

Pernahkah kalian mengamati benda disekitar kalian. Kenapa benda-benda tersebut dapat dilihat maka itu mata kita?. Benda tersebut bisa terlihat maka itu mata kita karena adanya pantulan kurat terbit benda mendekati mata. Gejala tersebut berkaitan dengan adanya pemantulan sinar ataupun cahaya. Coba kamu sorotkan lampu baterai ke dinding kamarmu yang palsu itu. Kamu akan melihat cahaya senter dipantulkan baur atau lain teratur makanya dinding. Mengapa demikian?

Sekarang lakukan kegiatan berikut di depan paradigma. Lihatlah dirimu melewati cermin. Kamu dapat terlihat di model karena cahaya nan berasal bermula dirimu dipantulkan ke konseptual, kemudian oleh sempurna dipantulkan kembali ke mata. Hal ini merupakan salah suatu kebiasaan pendar ialah cahaya dapat dipantulkan jika mengenai satu latar. Pemantulan teratur, pemantulan sreg parasan obyek/benda pantulan nan rata seperti pada teoretis, sehingga sinar pantul setinggi dan teratur.

a. Gambar Pemantulan Terkonsolidasi

Istilah Pemantulan difus artinya pemantulan tidak terintegrasi, pemantulan lega permukaan benda pantulan bukan rata, sehingga nur pantul terpantul kesegala sisi dan tidak terintegrasi.

b. Rancangan Pemantulan Tidak Teratur

Transendental merupakan salah satu benda nan memantulkan cuaca. Berdasarkan bentuk permukaannya terserah abstrak membosankan dan model mungkum. Konseptual kolong ada dua macam, yakni komplet relung dan cermin cekung.

a.
Cermin Datar

Cermin datar adalah cermin nan permukaan bidang pantulnya membosankan dan tidak melengkung. Cermin membosankan biasa kamu gunakan untuk ki mawas. Bilamana ki mawas, kamu akan melihat bayanganmu di n domestik pola. Bagaimana gambaran dirimu puas cermin itu? Samakah


                    a                                                                             b

Gambar a,b, dan c adalah cermin datar

                c

Kapan kamu ki mawas, kamu dapat memaklumi bahwa gambaran lega konseptual datar mempunyai sifat-adat berikut:

1) Dimensi (besar dan strata) bayangan seperti ukuran benda.

2) Jarak bayangan ke cermin seperti mana jarak benda ke cermin.

3) Kenampakan bayangan berlawanan dengan benda. Misalnya tangan kirimu akan menjadi tangan kanan bayanganmu.

4) Gambaran tegak seperti bendanya.

5) Bayangan berkepribadian semu atau maya. Artinya, bayangan dapat dilihat dalam cermin, sahaja tidak bisa ditangkap maka dari itu cucur.

b.
Cermin Cembung

Cermin cembung yaitu acuan yang permukaan parasan pantulnya melengkung ke arah luar. Arketipe lengkung formal digunakan lakukan spion sreg kendaraan bermotor. Bayangan pada lengkap lekuk berperilaku maya, berdiri, dan makin kerdil (diperkecil) daripada benda yang sebenarnya.


                    a                                                                    b

                                                                                              Bentuk a,b, dan c adalah eksemplar lengkung

              c

c.
Cermin Cekung

Eksemplar konkaf ialah cermin yang bidang pantulnya melengkungke arah kerumahtanggaan. Kamil konkaf biasanya digunakan sebagai reflektor pada lampu mobil danlampu lampu baterai.

Sifat bayangan benda yang dibentuk oleh cermin konkaf sangat mengelepai pada letak benda terhadap cermin.

1)Jika benda dekat dengan cermin cekung, bayangan benda bersifat tegak, bertambah

besar, dan semu (abstrak).

2)Kalau benda jauh dari cermin konkaf, cerminan benda bersifat nyata (kalis) dan

terbalik.

Kamu telah mempelajari sifat paparan plong komplet cembung dan cermin cekung. Engkau dapat membuktikan adat-sifat bayangan tersebut dengan melakukan kegiatan berikut.


4. Kirana Dapat Dibiaskan

Apabila kilat rembet melalui dua zat nan kerapatannya berbeda, semarak tersebut akan dibelokkan. Peristiwa pembenyotan arah rambatan cahaya setelah melalui madya rambatan yang berbeda disebut pembiasan. Perhatikan skema pembiasan cahaya berikut!

Catatan:

t=garis normal

i=ki perspektif menclok

r=sudut bias

Apabila sinar merambat dari zat nan adv minim rapat ke zat nan bertambah rapat, kirana akan dibiaskan mendekati garis nor- khasanah. Misalnya binar menjangkit berasal gegana ke air. Sebaliknya, apabila pendar merambat berusul zat nan lebih berpasangan ke zat nan kurang rapat, cahaya akan dibiaskan memencilkan garis sahih.

Misalnya kilat merambat berpokok air ke gegana. Pembiasan cahaya sering kamu jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya pangkal kolam terlihat lebih dangkal tinimbang kedalaman sebenarnya. Gejala pembiasan pula dapat dilihat pada pensil yang dimasukkan ke dalam kaca yang berilmu air. Potlot tersebut akan tampak patah.Lihat plong rajah!

Gambar peristiwa pembiasan

Coba dia lakukan kegiatan berikut hendaknya engkau kian memaklumi kejadian pembiasan cahaya!


5. Cahaya Dapat Diuraikan

Pelangi terjadi karena peristiwa penguraian cahaya (dispersi). Dispersi yakni penguraian cuaca putih menjadi beraneka rupa sorot bercat. Kurat matahari nan kita lihat berwarna kudus. Doang, sebenarnya cahaya mentari tersusun atas banyak panah berwarna. Cahaya surya diuraikan maka dari itu titik-bintik air di awan sehingga terbentuk rona-warna pelangi. Bagaimana membuktikan bahwa corak-warna tersebut bisa menyusun warna putih? Lakukan kegiatan berikut!

Kamu juga dapat mengamati hal dispersi cahaya pada balon air. Beliau dapat menggunakan air sabun colek cak bagi mewujudkan balon air. Jika air sabun cuci ditiup di bawah sinar matahari, kamu akan melihat berbagai rupa macam warna mengerlap plong permukaan balon air tersebut.


B. Perlengkapan-Alat Optik

Sebelumnya kamu sudah mempelajari bahwa sebuah benda dapat dilihat karena benda tersebut memantulkan kirana. Benda terlihat biru karena benda tersebut memantulkan warna biru dan menyerap nur warna lainnya. Begitu pula dandan daun terlihat mentah karena daun memantulkan cahaya warna hijau dan menyerap kurat warna lain.

Bagaimana mata kita menangkap seri? Apa saja jenis-spesies alat optik? Untuk mengetahuinya, pelajarilah pembahasan berikut ini.


1. Netra

Mata merupakan alat penglihatan yang suntuk penting bagi manusia. Allah Yang Maha Kuasa menciptakan mata bagi manusia sehingga cucu adam bisa melihat. Manusia memiliki sekelamin netra berbentuk seperti bola dan terwalak di privat rongga alat penglihatan.

a. Bagian-Bagian Alat penglihatan

Marilah, sira sebutkan bagian-episode yang ada

puas matamu! Bentuk di bawah ini menunjuk-nunjukkan fragmen-babak ain.

Gambar penampang mata

1) Kornea mata, berfungsi untuk melindungi mata bagian dalam.

2) Iris, berfungsi lakukan menata banyaknya cuaca yang masuk ke ain.

3) Pupil maupun celah (lubang nan terdapat lega iris), berfungsi sebagai tempat masuknya seri. Jika panah yang turut kurang, pupil akan melebar. Jika kilauan yang masuk banyak, bola mata akan mengecil.

4) Lensa mata, dapat berakomodasi. Jika melihat benda yang jauh, lensa mata akan memipih. Jika melihat benda yang dempang, kanta mata akan menebal.

5) Retina, yaitu ajang terbentuknya paparan yang akan dikirim ke saraf.

b. Mandu Kerja Mata

Kamu telah mempelajari bahwa benda dapat dilihat takdirnya suka-suka cahaya. Cahaya dipantulkan oleh benda berkiblat mata. Pemantulan kilat tersebut diterima oleh kornea. Oleh lensa mata, kilauan itu dibiaskan sehingga terasuh bayangan terbalik pada retina. Selanjutnya, saraf-saraf pada retina akan menyampaikan informasi bayangan merentang otak. Penggagas akan mengolahnya sehingga engkau dapat melihat benda yang sepantasnya. Bayangan yang terbentuk pada retina adalah maujud, diperkecil, dan terbalik.

c. Kelainan maupun Gangguan pada Mata

Makhluk punya mata di sebelah kiri dan kanan. Kehilangan atau kehancuran pelecok suatu bola alat penglihatan boleh mengganggu penglihatan. Beberapa penyakit atau bujukan pada mata serta faktor penyebabnya adalah sebagai berikut.

1) Rabun Jauh (Miopi)

Miopi disebabkan jarak titik api suryakanta mata sesak singkat atau lensa netra terlalu cembung. Bintik jago merah merupakan pusat pertemuan sinar yang mutakadim dipecah maka itu kanta. Bintang sartan, sinar nan masuk jatuh di depan retina sehingga ain enggak dapat menyibuk benda jauh.

Keterangan rencana:

a) Alat penglihatan yang menderita rabun jauh.

b) Penanggung rabun jauh boleh ditolong dengan menggunakan lensa konkaf.

Buat menolong pengidap miopi (rabun jauh) harus memperalat kacamata dengan lensa konkaf (subversif). Lensa cekung ini akan menempatkan paparan tepat pada retina.

2) Rabun Erat (Hipermetropi)

Rabun dekat disebabkan lensa alat penglihatan bersisa melekuk. Titik api kanta berharta di birit retina sehingga mata enggak boleh melihat benda-benda yang dekat. Jadi, penderita hipermetropi harus menggunakan kacamata berlensa cembung. Dengan lensa cembung, sinar yang jatuh di bokong retina akan dikembalikan tepat plong retina. Perhatikanlah Gambar dibawah ini!

Gambar

a) Mata yang menderita rabun dekat.

b) Penderita rabun akrab bisa ditolong dengan menggunakan lensa cembung.

3) Presbiopia (Mata Gaek)

Presbiopi adalah kelainan lega indra penglihatan yang disebabkan oleh faktor nasib sehingga ki akal fasilitas matanya berkurang. Penderita ini bukan bisa mengawasi benda

damping dan enggak boleh melihat benda jauh dengan jelas. Penderita ini harus menggunakan kacamata berlensa cekung dan cembung sekaligus.

4) Astigmatisma

Astigmatisma adalah kelainan netra yang disebabkan kelengkungan kornea matanya yang tidak berbentuk bola sehingga nur-cerah nan masuk tak terpusat

sempurna. Akhirnya, benda yang dilihat terserah bayang annya. Pengidap ini boleh dibantu dengan kacamata berlensa silindris.

Hal-kejadian nan bisa dia lakukan agar matamu teguh sehat, di antaranya perumpamaan berikut.

a. Mengatur jarak baca (minimum 30 cm);

b. Menonton televisi jangan terlalu erat;

c. Membaca di ruangan yang terang karena seandainya kamu mengaji di tempat yang kurang nur, bola mata indra penglihatan mu akan berlarat-larat dengan kuat sehingga lama kelamaan akan menimbulkan kelelahan sreg indra penglihatan;

d. Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A, seperti wortel.


2. Lup

Lup disebut juga mikroskop atau lensa. Gawai ini sering digunakan oleh tukang jam tangan. Lup menggunakan lensa mungkum. Lup digunakan lakukan melihat benda-benda berukuran kecil sehingga kelihatan besar. Bagan dibawah ini menunjuk-nunjukkan mikroskop digunakan lakukan memperbesar kata sreg tulang beragangan di asal ini.


                          Gambar Lup                                                                                Gambar Eksploitasi Lup


3. Kaca pembesar

Lup digunakan di laboratorium bakal mengamati bakteri yang habis kecil. Kaca pembesar bisa memperbesar cerminan benda sampai ratusan setakat ribuan kali. Perhatikan contoh tulangtulangan mikroskop pada Gambar di pangkal ini.

Mikroskop terdiri atas 2 lensa konfeks, yaitu:

a) suryakanta okuler ialah kanta yang damping dengan ain; b) lensa objektif ialah lensa nan dekat dengan benda yang diamati.

Rajah Mikroskop


4. Kamera Foto

Pemotret yaitu gawai yang digunakan buat memotret. Kodak menggunakan suryakanta positif. Lensa tersebut disangga oleh tabung yang bisa digeser ke depan maupun ke belakang cak bagi memfokuskan bayangan benda seyogiannya cerminan roboh pada flm. Perhatikanlah Buram!

Kamera terdiri atas:

a) kanta;

b) urat kayu alias kotak yang kedap kirana; dan

c) komidi gambar.

Kamera memiliki diafragma yang fungsinya menyerupai iris mata sosok. Diafragma boleh menata invalid atau banyak kirana yang masuk.


5. Teleskop

Teleskop atau teropong adalah alat yang digunakan untuk menyibuk benda-benda yang sangat jauh, misalnya benda di atmosfer. Dengan teleskop, benda ruang angkasa akan terlihat makin dekat. Buram di sumber akar ini menunjukkan teleskop bintang. Terlebih cak semau juga teleskop yang letaknya di asing angkasa dan dikendalikan oleh stasiun luar angkasa di bumi, teleskop ini bernama teleskop asing angkasa Hubble. Mandu kerjanya dengan mengirimkan bagan hasil tangkapan suryakanta teleskop ini. Teleskop hubble digunakan kerjakan memotret gambar kejadian di luar angkasa.


                                     Tulang beragangan Teleskop                             Gambar Teleskop Hubble


6. Periskop

Pelaut islam yang berada di kedalaman laut dapat membidas rataan laut menggunakan periskop. Periskop menerapkan sifat semarak yang riil pemantulan. Terang berpunca atas permukaan laut ditangkap oleh suatu cermin, kemudian dipantulkan menuju netra pengamat di privat kapal selam. laut, kapal selam dilengkapi dengan periskop. Periskop menggunakan 2 buah cermin. Cermin ialah kaca bening yang salah suatu mukanya dicat dengan air raksa.



                                                                       Gambar Periskop

Ayo pahami lagi!

Kerjakanlah soal-soal berikut di anak kunci latihanmu.

1. Sebutkan bagian-penggalan mata dan jelaskan fungsinya.

2. Bagaimana cara kerja mata?

3. Sebutkan godaan yang terjadi pada mata.

4. Sebutkan radas-peranti optik yang ada di rumahmu.

C. LATIHAN Pertanyaan

I. Pilihlah jawaban yang moralistis.

1. Seri n kepunyaan rasam bisa ….

a. rembet lurus

b. dipantulkan

c. dibiaskan

d. semua jawaban bersusila

2. Benda-benda berikut yang dapat

tembus binar ialah ….

a. jeluang, dus

b. gawang, besi

c. bola, seng

d. gelas, suryakanta

3. Ketika berenang, kaki terlihat makin singkat. Ini menunjukkan bahwa cahaya ….

a. dapat dipantulkan

b. bisa dibiaskan

c. menembus benda bening

d. merambat lurus

4. Sekiranya cahaya datang dari zat yang kurang bersampingan mendekati zat yang lebih

berhimpit cahaya akan ….

a. dibiaskan mendekati garis normal

b. dibiaskan menjauhi garis normal

c. dipantulkan juga

d. meluas verbatim

5. Tesmak datang yaitu tesmak yang dibentuk oleh ….

a. sinar datang dengan bidang batas

b. terang nomplok dengan garis normal

c. sinar pantul dengan dinding pan-

tul

d. kilap pantul dengan garis konvensional

6. Pemantulan baur bisa dimanfaat-

kan privat jiwa sehari-hari, se-

perti ….

a. kacamata

b. lampu penerang kendaraan ber-pengambil inisiatif

c. lampu busur senter

d. bayang-bayang

7. Bagian indra penglihatan yang berfungsi untuk

menata banyak sedikitnya cahaya

yang masuk adalah ….

a. kornea mata

b. iris

c. kanta ain

d. retina

8. Perhatikan gambar berikut.

Sifat paparan yang dibentuk oleh

mata adalah ….

a. tegak diperbesar

b. menyungsang diperbesar

c. tegak diperkecil

d. menjengkolet diperkecil

9. Orang yang menderita rabun jauh

dapat ditolong dengan memperalat

tesmak berlensa ….

a. cekung

b. kolong

c. konkaf-cembung

d. silindris

10. Bisikan sreg mata yang dapat ditolong dengan menggunakan kacamata berlensa ganda (lensa cembung-lensa cekung) ialah ….

a. miopi

b. hipermetropi

c. presbiopia

d. astigmatisma

11. Berikut adalah usaha untuk menjaga indra penglihatan tetap sehat, kecuali ….

a. mengatak jarak baca (minimal

30 cm)

b. membaca di ira yang kabur

c. mengonsumsi kas dapur yang

me ngan dung vitamain A

d. menonton televisi jangan bersisa

damping

12. Adegan lega kamera foto yang

berfungsi lakukan menekat benda

disebut ….

a. lensa

b. baterai

c. flm

d. ruang kedap cahaya

13. Lensa yang letaknya dekat dengan

mata pada lup disebut ….

a. suryakanta adil

b. suryakanta konkaf

c. kanta okuler

d. lensa silinder

14. Benda ruang angkasa nan letaknya

sangat jauh dapat dilihat oleh mata

secara jelas dengan mengunakan ….

a. lup

b. pemotret foto

c. mikroskop

d. teleskop

15. Perkakas nan digunakan oleh kapal selam untuk mengamati keadaan di permukaan laut adalah ….

a. lup

b. periskop

c. teleskop

d. mikroskop

B. Isilah titik-titik pada pertanyaan berikut dengan jawaban yang tepat.

1. Sendok yang disimpan di kerumahtanggaan gelas terbantah pekuk. Kejadian ini menunjukkan salah suatu sifat cahaya, merupakan ….

2. Ketika lampu baterai mengenai tembok, cahayanya enggak bisa diteruskan karena tembok termasuk ….

3. Takdirnya cahaya menegenai bidang yang rata dan licin pantulannya akan terpantul ke satu arah cuma. Peristiwa ini disebut ….

4. Sekiranya sinar hinggap dari zat nan lebih menempel menentang zat nan kurang berhimpit akan

dibiaskan ….

5. Garis nan dibuat tegak literal dengan bidang pantul disebut ….

6. Kemampuan menebal dan memipih pada kanta disebut ….

7. Adegan ain yang berfungsi cak bagi menggetah bayangan adalah ….

8. Penderita rabun dekat enggak dapat mematamatai benda dempet karena bayangannya jebluk di … retina.

9. Lensa pada kaca pembesar, yang letaknya dempet dengan benda yang sedang diamati disebut ….

10. Instrumen nan digunakan bagi memotret disebut ….

C. Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan jelas.

1. Barang apa yang dimaksud dengan pembiasan?

2. Sebutkan sifat-adat kirana nan kamu ketahui.

3. Bagaimana cara merawat mata seharusnya taat bugar?

4. Sebutkan dan jelaskan fungsi bagian-fragmen mata.

5. Sebutkan alat-alat optik yang ada di sekitarmu.

Source: https://dwijunianto.wordpress.com/modul-belajar-ipa-kelas-v-sd-cahaya-dan-alat-optik/

Posted by: likeaudience.com