Ayo Kita Pelajari Bab 9 Ipa

Bab 9 Sistem Ekskresi Sosok

Uji Kompetensi Pintu 9

B. Esai/essay/uraian

IPA Kelas 8 (VIII) SMP

Halaman 112

Semester 2 K13




Jawaban Esai Uji Kompetensi Bab 9 IPA Kelas 8 Halaman 112 (Sistem Ekskresi Manusia)





1. Sebutkan aneh-aneh organ yang berperan seumpama radas ekskresi plong manusia dan zat nan dikeluarkan!


Jawab :


Variasi-keberagaman perkakas yang berperan sebagai perabot ekskresi pada basyar dan zat nan dikeluarkan ialah perumpamaan berikut:






Geli-geli = urin
Hati = urea, empedu
Rabu = CO2 dan H2O,
Kulit = Keringat





2. Pembentukan urin terjadi di dalam ginjal. Isilah tabel di pangkal ini untuk mengklarifikasi proses pembentukan urin yang terjadi di dalam buah pinggang!


(tabel halaman 51)

Jawab :






3. Mengapa bila kita berharta pada tempat yang panas, tubuh mengeluarkan banyak peluh, sedangkan detik berada sreg tempat dengan guru cahang enggak berkeringat saja bertambah banyak lempar air kecil?

Jawab :


Alasan maupun sebab kenapa
kita makmur pada wadah yang panas, tubuh mengecualikan banyak peluh, sedangkan ketika berada pada tempat dengan temperatur hambar tak berkeringat semata-mata makin banyak keluarkan air kecil :






Pada otak dibagian hipotalamus, akan mengatur besaran air di kerumahtanggaan talenta. Ketika otak mendeteksi bahwa di dalam talenta sesak banyak air, maka hipotalamus akan menyingkirkan sejumlah hormon nan mendorong ginjal lakukan mengurangi jumlah air yang suka-suka didalam darah sehingga ginjal akan meningkatkan jumlah urin yang dikeluarkan. Begitu juga momen pada master awan sensual di siang masa, ketika jumalah cairan didalam darah tinggi hipotalamus akan mengeluarkan hormon, dan memberikan signal lega glandula keringat yang cak semau didalam kulit bakal memproduksi keringat yang lebih banyak.





4.Plong saat dilakukan pemeriksaan di laboratorium, urin sendiri pasien ternyata momen diuji dengan menggunakan parameter Benedict ternyata menunjukkan reaksi dandan menjadi merah bata, dan ketika diuji dengan penanda biuret menunjukkan reaksi warna ungu. Berlandaskan peristiwa tersebut analisislah problem yang dialami oleh pasien dan bagian ginjal manakah nan mengalami bisikan?


Jawab :

Pasien menderita albuminaria (di n domestik urin terdapat zat putih telur) kebinasaan pada glumerolus dan menderita diabetes melitus (di dalam urin terdapat glukosa) kerusakan pada TKP




5. Sebutkan 3 jenis ideal hidup kerjakan menjaga kesehatan sistem ekskresi!

Jawab:

3 tipe abstrak jiwa lakukan menjaga kesehatan sistem ekskresi adalah laksana berikut:

1. mengatur teladan makan
2. aktif bergerak
3. jauhi alkohol dan hindari rokok
4. meneguk air safi 8 gelas sehari
5. hindari stress
6. demap berolahraga
7. hindari obat antibiotik alias obat linu
8. menjaga terik tubuh

Source: https://www.basbahanajar.com/2018/11/jawaban-esai-uji-kompetensi-bab-9-ipa.html

Posted by: likeaudience.com