Arti Aberasi Dalam Pelajaran Ipa Adalah

KOMPAS.com
– Setiap organisme semangat dengan susunan kromosom di dalam DNA-nya. Terkadang, terjadi alih tugas kromosom yang menyebabkan perubahan aturan tertentu pada organisme tersebut.

Definisi

Mutasi kromosom adalah proses yang menyebabkan persilihan kromosom yang menyebabkan peralihan gen. Perubahan tersebut hanya bisa diketahui melangkahi amatan genetik maupun sensor mikroskopis.

Mutasi kromosom kembali disebut dengan penyakit kromosom alias kromosom sedikit. Hal ini karena mutasi kromosom menyebabkan peralihan struktur kromosom dan berpotensi menyebabkan kelainan genetik.

Jenis-spesies mutasi kromosom

Terletak dua jenis mutasi kromosom, yaitu mutasi kromosom I dan mutasi kromosom II.

1. Mutasi kromosom I

Alih tugas kromosom I adalah mutasi nan terjadi akibat proses antagonis, delesi, duplikasi, atau translokasi.

Inversi adalah mutasi yang terjadi akibat segmen kromosom tersuling dari awal sampai akhir. Konseptual mutasi antagonis merupakan mulai dewasa tertinggi di mayapada, atau serangga yang bertambah boncel dari matra yang normal.

Delesi ialah mutasi yang dikenal dengan monosomi parsial. Kasus ini terjadi jika terdapat kromosom nan terbuang atau terhapus.

Pola kasus delesi adalah sindrom Cri-du-chat, yaitu ki aib genetik yang ditandai suara kanak-kanak anyir nan adv amat tinggi seperti suara meong. Sindrom ini menyebabkan kelainan di jantung dan rencana paras.

Duplikasi yakni kerangka alih tugas kromosom lainnya nan dikenal dengan nama parsial trisomi. Sesuai namanya, alih tugas ini menunjukkan terdapat segmen nan terduplikasi. Salah suatu bentuk alih tugas kromosom yang dinamakan duplikasi yakni pertukaran perantaraan penggandaan kromosom.

Translokasi adalah momen terwalak segmen kromosom patah kemudian relokasi ke panggung yang lain. Salah suatu contoh mutasi translokasi adalah Down syndrome.

Baca juga: Studi Ungkap Mutasi Gen Sebabkan Monyet Bertakaran Katai

2. Mutasi kromosom II

Mutasi tipe II adalah mutasi yang menyebabkan jumlah kromosom di n domestik sel berubah. Terdapat dua tipe mutasi jenis ini, yaitu aneuploid dan poliploid.

Aneuploid yaitu mutasi kromosom yang menyebabkan kesuntukan atau penambahan kromosom. Contoh aneuploid merupakan Down syndrome.

Poliploid yakni adanya peningkatan dua atau suatu kromosom haploid. Contohnya adalah gigantisme.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap masa bersumber Kompas.com. Mari bergabung di Grup Kabel “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://kaki langit.berpenyakitan/kompascomupdate, kemudian join. Beliau harus install tuntutan Telegram apalagi dulu di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/sains/read/2022/02/23/123000623/macam-macam-mutasi-kromosom-beserta-contohnya

Posted by: likeaudience.com