Aplikasi Tik Dalam Pembelajaran Ipa

Waktu: 2 x 100 menit Sukma Pagi, bagaimana kabar Anda hari ini? Ya, semoga kita semua senantiasa dikaruniai bugar dan semangat kerumahtanggaan terus menuntut ilmu. Puas sesi ini kita akan membahas bilang persoalan dasar seputar TIK. Start dari definisi TIK, komponen-onderdil nan harus ada internal TIK, dan penggunaan TIK dalam kehidupan sehari-waktu. Secara terperinci, berikut yang menjadi intensi penataran pada unit ini: 1. Bernas menyimpulkan batasan makna TIK 2. Kreatif menyebutkan komponen-komponen yang terwalak pada sebuah sistem TIK 3. Mampu menggali bermacam-macam eksploitasi TIK dalam nyawa sehari-masa Untuk mencapai tujuan tersebut, terserah bilang hal yang harus dikerjakan, yakni: 1. Pelajari modul dalam format Flipped Book yang telah disiapkan, 2. Amati tayangan video tentang eksploitasi TIK internal arwah sehari-musim, 3. Lakukan tugas yang ada dibagian akhir unit 1 ini. Musim yang tersedia ialah 2 x 100 menit (2 kalai “tatap wajah”). Pada 100 menit pertama, silakan dipelajari modul kerumahtanggaan format flipbook, sedangkan plong 100 menit kedua, mari amatai tayangan video nan telah disediakan, adv amat kerjakan tugas di bagian akhir unit 1 ini. Selamat belajar, seyogiannya musim-periode Anda menyenangkan.


Course Modules


Dasar-dasar Teknologi Informasi dan KomunikasiPert…


TIK dan Perannya internal nasib sehari-hariSimak …


Tugas Dasar-radiks TIK


Tugas Dasar-dasar TIK Inferior A

Waktu: 2 x 100 menit Barang apa selayaknya internet? Bagaimana prinsip kerja internet? Kedua tanya tersebut akan menjadi pemantik terdahulu kajian puas topik ke dua ini. Lega bagia ini, kita akan mencoba mengarifi segala hakikat internet dan cara kerjanya. Pembahasan akan dimulai dengan apalagi lewat mengkaji tentang komputer dan sistem jaringan yang merupakan poyang hadirnya internet. Oleh hasilnya, kita akan melihat cara kerja komputer client dan server dalam saling berbagi tugas mapun data/informasi. Secara bertahap kita akan meluluk sistem jaringan dari nan paling sederhana, sebagai halnya Local Provinsi Networking (LAN), kemudian beranjak pada Wide Area Networking (WAN), hingga karenanya kita membicarakan soal internet, terdaftar dilihat dari arah sejarah alias aspek teknis cara kerjanya dalam membantu turunan untuk saling terhubung dan menaburkan deklarasi. Bagi mencapai tujuan tersebut, cak semau bilang hal yang harus diselesaikan, yaitu: 1. Pelajari modul n domestik format Flipped Book yang sudah lalu disiapkan, 2. Amati tayangan video tentang penggunaan Sistem Jaringan, 3. Kerjakan tugas yang ada dibagian akhir unit 2 ini. Musim yang tersedia adalah 2 x 100 menit (2 kali “bersemuka”). Pada 100 menit permulaan, marilah dipelajari modul kerumahtanggaan ukuran flipbook. Sedangkan pada 100 menit kedua, silakan amati tayangan video yang mutakadim disediakan, dahulu bakal tugas di bagian penghabisan unit 2 ini. Selamat membiasakan, semoga perian-hari Beliau menyenangkan.


Course Modules


Sistem Jaringan Komputer, Intranet, dan Internet …


Sistem Jaringan KomputerYuk amati tayangan video b…


Tugas Sistem Jaringan kelas C


Tugas Sistem Jaringan inferior A

Tahun: 3 x100 menit Pada episode ini, kita akan belajar memanfaatkan berbagai fasilitas Google nan termasuk dalam kategori Google For Education. Setelah mempelajari unit ini, diharapkan Anda mampu: “menggunakan Google docs, Google Spreadsheet, Google Presentation, dan Google Form bagi berbagai kebutuhan akademik” Lakukan mencapai tujuan pembelajaran tersebut, disediakan periode sejauh 3 x 100 menit (3 siapa tatap muka). Pada 100 menit pertama, amati video tutorial penggunaan Google Docs, habis lakukan tugas menyusun dokumen pada Google Docs. Pada 100 menit kedua, amati video tutorial penggunaan Google Slide dan Google sheet, lalu buat tugas membuat penyajian menggunakan google slide dan mewujudkan program usaha matematika menggunakan Google sheets. Lega 100 menit ketiga, amati video tutorial penggunaan Google Form, lalu kerjakan tugas takhlik form dan quiz menunggangi Google form. Selamat berlatih, kiranya hari-perian Anda menyenangkan.


Course Modules


A. Google Docs, Google Slide dan Google SheetDenga…


Mengenal Ruang Kerja Google SlidePerhatikan video …


Mengenal Ira Kerja Google SheetAmati video tutor…


TUGAS Pasca- mempelajari pengusahaan Google Docs …


Tugas Google Docs Kelas A


Tugas Google Docs Kelas C


Tugas Google Sheets Kelas A


Tugas Google Sheets Kelas C


Tugas Google Slide IPA Kelas A


Tugas Google Slide IPA Papan bawah C


B. Google FormGoogle Form ataupun yang disebut google…


Video Tutorial Berikut disajikan beberapa video t…


2. Tutorial Mewujudkan AngketDi era digital ini, tekn…


3. Latihan Menciptakan menjadikan Pertanyaan Short Answer dan Mu…


4. Tutorial Check Box dan Uploud FilePada saat meb…


5. Teknik Customize Tampilan FormBagiamana agar ta…


6. Tutorial Menyusun Tanya/QuizBagaimana memanfaatk…


7. Les Mengolah Hasil QuizYa, setelah kuis di…


Aktivitas  Setelah menonton tiga video latihan, …


Tugas Membuat Survei Kelas A


Tugas Menciptakan menjadikan Angket Kelas C


Tugas Membentuk Soal Ulangan/Quiz Kelas A


Tugas Membuat Soal Ulangan/Quiz Inferior C

Waktu : 3 x 100 menit Selamat pagi. Kali ini kita lanjutkan pengajian pengkajian tentang Learning Managemen System (LMS). LMS yakni istilah menyeluruh bagi sistem komputer yang dikembangkan secara individual dalam rangka mengurus pendedahan, mendistribusikan materi pelajaran dan memungkinkan kolaborasi antara pelajar dan guru nan dilakukan secara daring/ online. LMS memungkinkan Kita dapat mengurusi setiap aspek penelaahan, start berpangkal pencatatan siswa hingga penyimpanan hasil tes, dan lagi memungkinkan Kita menerima tugas secara digital dan setia berbimbing dengan siswa. Inti berpunca pengertian LMS merupakan tulang punggung sebagian segara aktivitas e-learning. Melalui topik ini, diharaapkan mahasiswa: Berkecukupan memahami teknik membuat akun lega google, edmodo, dan kahoot Mampu memahami teknik customize buat menghasilkan tampilan bahan ajar dan sistem penilaian online yang baik Mampu memahami teknik posting Berada memahami teknik Insert sarana Pada topik ini, kita memiliki 3 x 100 menit (3 mungkin lihat muka) Puas 100 menit mula-mula, kita akan pelajari cara mengurusi LMS Google Classroom Pada 100 menit kedua, kita akan pelajari cara mengelola LMS Edmodo. Pada 100 menit ketiga, kita akan mempelajari bagaimana mengkustumisasi Blogger agar dapat digunakan sebagai web pembelajaran. Puas tiap kegiatan tersebut telah disiapkan penugasan buat Anda. Selamat mempelajari.


Course Modules


A. Google ClassroomKali ini kita akan mengkesplora…


Kegiatan  Setelah mengamati video, mari k…


Tugas Google Classroom KLS C


B. Edmodo: LMS Bersikap Sosial MediaEdmodo merupaka…


Pelajaran Edmodo Pelajari empat video les di …


2. Menglola KelasLangkah berikutnya merupakan mengelo…


3. Membuat Tugas dan KuisLangkah berikutnya yaitu…


4. Menempa Tugas dan KuisSetelah tugas dan kuis d…


Tugas Terakhir Edmodo


C. Blogger: Membuat Web Pembelajaran Berbasis Blog…


1. Membuat Blog menggunakan Blogger Ikuti video b…


2. Mengubah Tampilan Blog melalui Edit HTML Nah, …


Kelas A: Tugas Blogger


Kelas bawah C: Tugas Blogger

Waktu : 2 x 100 menit Sejak periode 2002 Nobel Laureate Carl Wieman mengamalkan proyek untuk ekspansi simulasi matematika dan sains interaktif yang bisa digunakan secara percuma. Dagangan-produknya terhimpun dalam satu permohonan PhET Interactive Simulation. Simulasi dan pemodelan PhET Interactive Simulation dikembangkan dengan menggunakan java, flash, ataupun html. Berbagai simulasi internal parasan sains baik Fisika, Kimia, Biologi ataupun Ilmu Manjapada telah dikembangkan baik n domestik versi offline alias online melalui bahan https://phet.colorado.edu/en/simulations/category/new . Aplikasi ini boleh dijalankan baik pada sistem propaganda windows, mac, maupun linux. PhET merupakan salah satu simulasi interaktif fenomena-fenomena jasmaniah, berbasis riset yang diberikan secara gratis. Dikembangkan secara kontinyu oleh sebuah tim di universitas Colorado sejak perian 2012, setakat kini telah menghasilkan makin bersumber 360 juta simulasi, baik dalam satah Fisika, Kimia, Ilmu hayat, Hobatan Kebumian dan Matematika. Pihak dam PhEt mengimani bahwa dengan pendekatan berbasis-penekanan, nan menggabungkan hasil penelitian sebelumnya dan yang dilakukan mereka sendiri – memungkinkan peserta didik untuk menghubungkan fenomena atma berupa dan hobatan yang mendasarinya, nan akhirnya dapat memperdalam pemahaman dan meningkatkan minat mereka terhadap sains (Gurria, 2016). Selengkapnya baca di sini


Course Modules


Phet Simulation Bacalah artikel pada flipbook ber…


Tutorial Pengantar Phet Simulation Perhatikan vid…


Tutorial Analisis Hukum Ohm Memperalat Phet …


Contoh-contoh Pemanfaatan Phet Simulation Silakan…


Tugas Kelas A: Virtual Lab Memperalat Phet


Menciptakan menjadikan Video Kerawang Layar Pada sesi sebelumnya,…


1. Pelajaran Membuat Rekaman Tangkap Layar lega Win…


Tugas Membentuk Video Tutorial melalui Teknik Re…


Tugas KLs A 2019: Menciptakan menjadikan Video Tutorial Phet Simulation


Tugas KLs C: Membuat Video Latihan Phet Simulation

Tahun 2 x 100 menit Pada unit ini, kita akan mempelajari pengusahaan Tracker Video Analysis untuk menganalisis gerak, baik gerak satu dimensi maupun gerak dua dimensi berpangkal keadaan gerak nan positif dari usia sehari-waktu. Pelecok satu aplikasi yang boleh dimanfaatkan bagi membantu pesuluh didik n domestik mempelajari beragam fenomena gerak dua dimensi adalah Tracker Video Analysis. Petisi ini dikembangkan oleh Java Open Source Physics (OSP) dan memiliki kemampuan lakukan melakukan track (pelacakan) sreg gerak suatu target sehingga bisa diperoleh bineka informasi yang dibutuhkan dalam analisis gerak dua matra. Melalui unit ini, kita akan mempelajari: 1. Teknik download dan Instal program Tracker 2. Teknik merekam hal gerak berpunca jiwa sehari-hari yang akan dianalisis. 2. Teknik Kajian gerak menggunakan Tracker. Kita memiliki waktu 2×100 menit (2 kali bersemuka). Pada 100 menit pertama kita akan mempelajari prinsip download, install dan amatan gerak menggunakan tracker melalui tayangan video dan bahan bacaan dalam format FlipBook. Pada 100 menit kedua, aktivitas mandiri untuk mengamankan tugas menganalisis gerak benda menunggangi tracker. Selamat mempelajari, semoga hari-hari Sira menyenangkan.


Course Modules


Tutorial Menggunakan Tracker Modul Tracker …


Klik Tombol “Full Screen” lakukan bisa mengaji modul…


CARA MENDOWNLOAD DAN MENGINSTALL TRACKER VIDEO ANALYSIS


Tugas : Menganalisis Gerak Menggunakan Tracker Video Analysisi


KELAS C_Tugas : Menganalisis Gerak Memperalat Tracker Video Analysis

Waktu : 1 x 100 menit Mendeley adalah program aplikasi yang dikembangkan oleh Elsevier, digunakan kerjakan mengurusi dan berbagi makalah penelitian, mencari data penelitian, dan bermitra secara daring. Mendeley menggabungkan Mendeley Desktop, Software manajemen pustaka privat ukuran PDF. Pemakai Mendeley harus menyimpan data sitasi di servernya. Pengguna memiliki peruntungan untuk menyimpan salinan salinan di server Mendeley. Setelah mendaftar, Mendeley menyediakan ulas penyimpanan gratis di web kerjakan pengguna sebesar 2 GB. Mendeley juga adalah sebuah academic social network, dengan demikian pemakai bisa saling berbagi dengan rekan sesama mahasiswa ataupun peneliti lainnya di penjuru dunia terkait dengan teks nan digunakan. Pengguna juga bisa mengejar berbagai penelitian terbaru untuk selanjutnya boleh dijadikan wacana internal karya ilmiah. Bahkan, konsumen pun bisa menggunakan kemudahan Web Importer di dalam Mendeley, agar boleh mengasongkan beraneka ragam keberagaman referensi semenjak berbagai situs indexing karya ilmiah terkemuka (misalnya Google Scholar) secara otomatis. Konsumen bisa menggunakan Mendeley bak sebuah aplikasi desktop yang terinstal secara offline di komputer. Aplikasi tersebut, sayang disebut sebagai Mendeley Desktop. Selain itu, pengelolaan menunggangi Mendeley pun dapat dilakukan secara online (Mendeley Web), setelah terlebih dahulu mendaftar dan membuat akun. Nah, lakukan mempelajari mengenai pemanfaatan mendeley, kami telah siapkan satu buah video tutorial dan modul flipbook. Melewati dua perigi sparing tersebut, diharapkan Kamu dapat merumuskan sebuah artikel dengan teknik sitasi dan penulisan daftar pustaka otomatis menggunakan mendeley. Tugas ada dibagian akhir unit ini.


Course Modules


Tutorial Menggunakan Mendeley Mari kita pelajari …


Tugas Mendeley

Orientation Gambar 1. Permainan Bola Basket Suatu ketika Adit dan Edo nan sama-setara primadona sarjana sains sedang mengisi waktu tahu dengan bertindak basket. Mereka cukup serius untuk berlatih melakukan tembakan (shooting) ke arah ring basket. Tiga kali mengamalkan shoot, Adit burung laut gagal. Setelah bola dilempar, bola melambung di udara membentuk lintasan parabola, cuma cangap drop di depan ring bola keranjang. Edo yang saat itu belum melakukan percobaan penembakan mensyurkan kepada Adit agar menambah sudut elevasi penembakan. Menurut Edo, semakin raksasa sudut tembakan, maka bola akan melambung semakin jauh. Conceptualization Mengetahui situasi tersebut, sebagai sesama calon sarjana sains, apa yang Anda pikirkan? Adakah permasalahan sains nan muncul puas kasus tersebut? Sejauh ini Anda sudah lalu mengenal sebuah perangkat/tools yang bisa mendukung proses analisis gerak, yaitu Tracker Video Analysis. Coba pikirkan, bagaimana Anda memanfaatkan perangkat tersebut kerumahtanggaan menganalisis dan membagi solusi atas permasalahan yang dialami makanya Adit. Langkah tadinya untuk menyelesaikannya adalah dengan menetapkan masalah-kelainan kerumahtanggaan sebuah pertanyaan, “bertanya” (Questioning), ataupun sering disebut dengan menyusun rumusan ki kesulitan. Sehabis pertanyaan berhasil disusun, langkah berikutnya ialah menyusun postulat sebagai jawaban provisional atas permasalahan yang diangkat. Oleh karena itu, susunlah pertanyaan (rumusan masalah) dan presumsi yang relevan dengan permasalahan yang sudah terhidang sreg bagian Orientation!


Course Modules


Pre-Test


Sawala Konseptualisasi


Video Latihan Projectile Motion menunggangi Phet Simulation


Lembar Kerja Gerak Parabola


Post-Test

Source: https://spada.kemdikbud.go.id/course/view.php?id=2976

Posted by: likeaudience.com