Apakah Guru Pendidikan Fisika Mengajar Ipa

Kota Bekasi (BIB) –
Pemenuhan Beban Kerja dan Penataan Linieritas Guru Bersertifikat Pendidik Dalam Implementasi Penerimaan Pada Kurikulum Merdeka Tahun 2022.


A. Tanggung KERJA Master

Beban kerja temperatur pada satuan pendidikan pencipta Kurikulum Merdeka mengacu sreg ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai pemuasan beban kerja hawa, pemimpin sekolah, dan pengawas sekolah.

Bersendikan ordinansi tersebut, muatan kerja temperatur mencangam kegiatan gerendel sebagai berikut;

  1. merencanakan pembelajaran alias pembimbingan;
  2. melaksanakan pembelajaran alias pembimbingan;
  3. menilai hasil pembelajaran atau pembimbingan;
  4. membimbing dan melatih pesuluh didik;
  5. melaksanakan tugas adendum yang melekat pada pelaksanaan kegiatan pokok sesuai dengan kewajiban kerja hawa.

Kegiatan kancing melaksanakan pembelajaran atau pembimbingan harus memenuhi paling kecil sedikit 24 jam berhadapan per ahad dan paling banyak 40 jam tatap muka tiap-tiap minggu.

Estimasi kegiatan pokok melaksanakan pembelajaran atau pembimbingan dihitung dengan mandu lihat paras kerumahtanggaan 1 tahun dibagi per minggu yang menghasilkan paling sedikit 24 jam bersemuka.

Pemenuhan beban kerja guru melaksanakan pembelajaran atau pembimbingan dilakukan dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Struktur Kurikulum Merdeka merupakan pengorganisasian atas capaian pembelajaran, muatan penelaahan, dan beban belajar. Pemerintah mengatur bahara penataran teradat beserta pikulan belajarnya. Satuan pendidikan dan/atau pemerintah daerah dapat menambahkan bagasi tempatan dan muatan tambahan sesuai kebutuhan dan karakteristik runcitruncit pendidikan dan/atau daerah.

Penerimaan dibagi menjadi 2 kegiatan terdepan, yaitu penataran intrakurikuler dan projek penguatan memoar pelajar Pancasila. Projek penguatan profil peserta Pancasila merupakan bagian kokurikuler pada Kurikulum Merdeka.


B. PEMENUHAN BEBAN KERJA GURU Plong Runcitruncit PENDIDIKAN PELAKSANA KURIKULUM MERDEKA

Pelampiasan beban berja temperatur sreg satuan pendidikan pelaksana Kurikulum Merdeka dapat tercapai apabila kuantitas temperatur pada rincih pendidikan pembuat kurikulum merdeka sesuai dengan kebutuhan.

Superior satuan pendidikan menotal kebutuhan master bersendikan pelampiasan kewajiban kerja kerumahtanggaan struktur Kurikulum Merdeka.

Dalam hal master tidak dapat memenuhi kodrat dalam melaksanakan pembelajaran dan pembimbingan minimal sedikit 24 jam lihat tampang tiap-tiap minggu berdasarkan struktur Kurikulum Merdeka, guru dapat diberikan;

  1. Tugas Lampiran; dan/maupun
  2. Tugas Tambahan Tidak yang tercalit dengan pendidikan di asongan pendidikan.

sesuai dengan bilangan peraturan perundang-undangan.

Tugas apendiks lain seperti mana dimaksud pada skor 2 ditambah dengan tugas sebagai koordinator projek penguatan profil pesuluh Pancasila. Tugas tambahan bukan sebagai koordinator projek diberikan sekiranya masih terdapat master yang kekurangan jam mengajar dan diprioritaskan lakukan master nan masih kekurangan jam pelajaran akibat perubahan struktur kurikulum.

Tugas Koordinator Projek Stabilitas Profil Murid Pancasila yaitu;

  1. mengembangkan kemampuan, kepemimpinan, dalam mengelola projek penguatan profil pelajar Pancasila di satuan pendidikan;
  2. mengelola sistem yang dibutuhkan oleh pendidik sebagai fasilitator projek penguatan profil siswa Pancasila dan peserta asuh untuk menyelesaikan projek penstabilan biografi pesuluh Pancasila dengan sukses, dengan dukungan dan kolaborasi mulai sejak koordinator dan bimbingan satuan pendidikan;
  3. memastikan partisipasi pembelajaran terjadi di antara para pendidik dari berbagai mata pelajaran; dan
  4. memastikan tujuan dan asesmen pembelajaran nan diberikan sesuai dengan capaian projek penstabilan profil peserta Pancasila dan kriteria kesuksesan yang sudah ditetapkan.

Tugas sebagaimana dimaksud pada angka 1 sampai dengan angka 4 diatas dibuktikan dengan;

  • Piagam Tugas sebagai Koordinator projek penguatan profil pelajar Pancasila dari Pengarah Satuan Pendidikan;
  • Program dan Jadwal Kegiatan Koordinator projek stabilitas profil pelajar Pancasila yang ditanda tangani oleh Bos Satuan Pendidikan; dan
  • Pengetahuan Hasil Kegiatan Koordinator projek penguatan profil siswa Pancasila nan ditandatangani makanya Superior Pendidikan.

Beban Kerja Tugas Komplemen sebagai Koordinator projek pengukuhan profil pesuluh Pancasila dapat diekuivalensikan dengan 2 jam bertatap per 1 rombongan sparing setiap waktu untuk pemenuhan jam tatap muka paling sedikit 24 jam lihat muka per pekan dan paling banyak papah 3 rombongan belajar.

Dalam situasi murid didik bikin Mata Pelajaran Saringan lebih berpangkal 36 peserta tuntun di SMA/MA dan SMK/MAK, rincih pendidikan dapat mengekspos rombongan belajar hijau.

Buat Ain Pelajaran Pilihan Kelas XI dan XII, lain ada syarat besaran paling kecil murid bimbing cak bagi membuka/menawarkan alat penglihatan pelajaran tersebut.

Dalam situasi masih terdapat guru;

  1. Mata Latihan Seni dan Prakarya di SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK;
  2. Mata Kursus dari Keramaian Saringan SMA/MA; atau
  3. Mata Pelajaran Pilihan SMK/MAK.

setelah diberikan tugas tambahan lain sebagai koordinator projek pengukuhan profil peserta Pancasila masih tidak boleh memenuhi kadar paling kecil rendah 24 jam tatap muka tiap-tiap minggu karena perubahan struktur kurikulum, guru tersebut diakui 24 jam tatap muka per minggu sekiranya puas Kurikulum 2013 sudah lalu memenuhi paling adv minim 24 jam tatap muka per minggu.


C. PENATAAN LINEARITAS Hawa Internal Pendedahan Plong KURIKULUM MERDEKA

Penataan linieritas guru privat penataran puas Kurikulum Merdeka selain mengacu pada ketentuan mengenai penataan linieritas master bersertifikat pendidik, pun mengacu pda ketentuan di asal ini;

1. Mata Tutorial Ilmu Pengetahuan Liwa dan Sosial (IPAS) Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/Mi) dapat diampu oleh guru yang mempunyai kualifikasi akademik atau dokumen pendidik Temperatur Kelas SD.

2. Ain Kursus IPAS SDLB bisa diampu oleh guru nan mempunyai kualifikasi akademik atau sertifikat pendidik Master Kelas Sekolah Luar Lumrah (SLB) atau bidang studi Ilmu Wara-wara Alam (IPA)/Aji-aji Pengetahuan Sosial (IPS).

3. Indra penglihatan Pelajaran Informatika Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) Kelas X boleh diampu oleh guru yang memiliki kualifikasi akademik cendekiawan atau sertifikat pendidik rataan/keahlian ibarat berikut;

  • Ilmu Komputer;
  • Informatika;
  • Teknologi, Siaran dan Komunikasi (TIK); dan
  • Ilmu hitung dan Guna-guna Butir-butir Alam (MIPA)/Sains.

4  Mata Tuntunan Informatika Pilihan SMA/MA XI dan Kelas XII dapat diampu makanya guru yang mempunyai kualifikasi pendidik sarjana atau surat pendidik Ilmu Komputer dan Informatika.

5. Mata Pelajaran IPA dalam struktur kurikulum lega SMA/MA Kelas bawah X boleh diajarkan makanya guru yang mempunyai kualifikasi akademik jauhari dan/alias bersertifikat pendidik suhu Fisika, master Kimia, dan/maupun guru Biologi.

6. Mata Pelajaran IPS struktur kurikulum pada SMA/MA Kelas X bisa diajarkan oleh guru yang mempunyai kualifikasi akademik jauhari dan/atau arsip pendidik temperatur Sejarah, temperatur Ilmu permukaan bumi, suhu Ekonomi, dan/ataupun guru Sosiologi.

7. Indra penglihatan Pelajaran Seni Tari, Seni Irama, Seni Teater, dan Seni Rupa di SMP/MTs dan SMA/MA boleh diampu oleh master yang mempunyai;

  • kualifikasi akademik sarjana pendidikan seni atau sarjana seni dan arsip pendidik seni budaya; atau
  • kualifikasi akademik sarjana dan tindasan pendidik sesuai dengan netra pelajaran seni yang diajarkan.

8. Mata Pelajaran n domestik struktur kurikulum SD/Kwetiau selain;

  • Pendidikan Agama dan Kepribadian Pekerti;
  • Pendidikan Fisik, Olahraga dan Kesehatan (PJOK);
  • Bahasa Inggris;
  • Muatan Lokal

diajarkan oleh Guru Kelas.

9. Mata Cak bimbingan Bahasa Inggris dalam struktur kurikulum SD/Mihun dan SDLB yakni mata pelajaran pilihan lega SD/Laksa dan SDLB nan dapat diajarkan oleh;

  • Guru Papan bawah yang memiliki Kompetensi Bahasa Inggris;
  • Linguis Inggris yang tersedia di SD/MI dan SDLB yang bersangkutan;
  • Guru bahasa Inggris di SD/MI atau SMP/MTs dan SMPLB terdekat yang ditugaskan dan diakui pikulan kerjanya; atau
  • mahasiswa yang masuk dalam acara Merdeka Membiasakan Kampus Merdeka.

10. Ain Pelajaran Bagasi Lokal dalam struktur kurikulum SD/Mihun dan SDLB merupakan ain pelajaran sortiran puas SD/Kwetiau dan SDLB nan dapat diajarkan oleh;

  • Guru Kelas bawah yang mempunyai Kompetensi Kewajiban Lokal;
  • Guru Muatan Lokal yang tersedia di SD/Mi dan SDLB yang bersangkutan;
  • Guru Bagasi Domestik di SD/Mi atau SMP/MTs dan SMPLB terhampir yang ditugaskan dan diakui beban kerjanya; atau
  • mahasiswa programa eksplorasi Muatan Lokal (berlandaskan Surat Keputusan Gubernur) yang ikut privat Acara Kampus Merdeka.

11. Ain Pelajaran Program Kebutuhan Khusus dalam struktur kurikulum SDLB/SMPLB/SMALB boleh diajarkan makanya;

  • Guru Pendidikan Khusus; atau
  • Guru Ain Pelajaran Lain atau Guru Kelas yang mutakadim dinilai layak makanya Ketua Ketengan Pendidikan.

Guru yang dimaksud lega aksara b wajib mendapatkan pelatihan kompetensi program kebutuhan idiosinkratis (terstandar).

12. Penataan linieritas plong Kurikulum Merdeka SMK mengacu pada tabel dibawah ini;

a. Mata Pelajaran Projek IPAS dapat diampu maka itu minimal banyak 6 guru Kelompok IPA dan/atau IPS disesuaikan dengan karakteristik bidang kepakaran;

b. Mata Pelajaran Seni Tari, Seni Irama, Seni Teater, dan Seni Rupa di SMK Kelas X bisa diampu maka itu temperatur yang memiliki;

  • kualifikasi akademik sarjana pendidikan seni atau ilmuwan seni dan sertifikat pendidik seni budaya; maupun
  • kualifikasi akademik cendekiawan dan sertifikat pendidik sesuai dengan mata tuntunan seni yang diajarkan.

c. Indra penglihatan Tuntunan Dasar-Dasar Programa Kepakaran, Indra penglihatan Pelajaran Konsentrasi Keahlian, dan Projek Kreatif dan Kewirausahaan boleh diampu oleh minimum banyak 5 guru;

d. Indra penglihatan Latihan Praktek Kerja Pelan dapat diampu dan/alias dibimbing oleh paling kecil banyak 44 guru;

e. Mata Pelajaran Sortiran dapat diajarkan paling banyak 4 guru pada Inferior XI dan paling banyak 6 guru pada Kelas XII.


Diagram LINEARITAS Hawa

Tabel 1.1. Guru Mata Pelajaran Umum di TK, SD/Mihun, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK dan SLB (Lakukan Suhu Yang Linear dan Serumpun) :


LINIERITAS KUALIFIKASI D4/S1 DENGAN Rataan Investigasi PPG TAHUN 2022


No.


Bidang Studi PPG


Panjang


Kode



Program Studi D4/S1


1

Pendidikan Guru PAUD

(PG-PAUD)

TK

TKLB

020

  • PGPAUD/PGTK
  • PGRA
  • Psikologi
  • Bimbingan dan Konseling
  • PSKGJ Pendidikan Anak asuh Hayat Dini (PAUD)
  • PSKGJ Pendidikan Suhu Anak Usia Prematur


2

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

SD

SDLB

027

  • PGSD
  • PGMI
  • Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  • Pendidikan Matematika
  • Pendidikan Bahasa Indonesia
  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Pendidikan Bahasa Indonesia dan Distrik
  • Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Kewedanan
  • Pendidikan IPA
  • Pendidikan IPS
  • Tadris Bahasa Indonesia
  • Tadris IPA
  • Tadris IPS
  • Tadris Ilmu hitung
  • PSKGJ Pendidikan Hawa Madrasah Ibtidaiyah
  • PSKGJ Pendidikan Guru Sekolah Dasar


3

Pendidikan Luar Biasa

TKLB

SDLB

SMPLB

SMALB

800

  • Pendidikan Luar Absah
  • Pendidikan Khusus
  • Pendidikan Anak Berkebutuhan Khas
  • PSKGJ Pendidikan Luar Baku


4

Seni Budaya

SMP

SMA

SMK

217

  • Pendidikan Sendratasik
  • Pendidikan Seni Rupa
  • Pendidikan Seni Tari/Tari
  • Pendidikan Seni Musik/Musik
  • Pendidikan Seni Pementasan
  • Pendidikan Kriya
  • Seni Drama
  • Seni Tari/Tari
  • Seni Musik/Musik
  • Seni Kriya/Kriya/Kriya Seni
  • Seni Rupa
  • Seni Pergelaran
  • Seni Teater/Teater
  • Seni Kendaraan Rekam
  • Seni Karawitan
  • Seni Pedalangan
  • PSKGJ Pendidikan Seni Musik
  • Bahasa Daerah


5

Pendidikan Jasmani dan Kebugaran

SD

SMP

SMA

SMK

SDLB

SMPLB

SMALB

220

  • Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
  • Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
  • Pendidikan Kepelatihan Latihan jasmani
  • PGSD Pendidikan Jasmani
  • Pendidikan Latihan jasmani
  • Ilmu Keolahragaan dan Kepelatihan
  • Keolahragaan
  • Ilmu Keolahragaan
  • Kepelatihan Olahraga
  • Kepelatihan Tubuh Olahraga
  • Latihan jasmani Rekreasi
  • PSKGJ Pend. Jasmani, Kesehatan & Rekreasi


6

Bahasa Jawa

SMP

SMA

SMK

746

  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa
  • Pendidikan Bahasa Jawa
  • Sastra Jawa


7

Bahasa Madura

SMP

SMA

SMK

747

  • Pendidikan Bahasa Madura
  • Sastra Madura


8

Bahasa Sunda

SMP

SMA

SMK

748

  • Pendidikan Bahasa Sunda
  • Sastra Sunda


9

Bahasa Bali

SMP

SMA

SMK

750

  • Pendidikan Bahasa Bali
  • Sastra Bali


10

Bahasa Inggris

SMP

SMA

SMK

SMPLB

SMALB

157

  • Pendidikan Bahasa Inggris
  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris
  • Bahasa Inggris
  • Sastra Inggris
  • Bahasa dan Sastra Inggris
  • Tadris Bahasa Inggris
  • Bahasa dan Kebudayaan Inggris
  • PSKGJ Pendidikan Bahasa Inggris
  • PSKGJ Pendidikan Ahli bahasa Inggris


11

Ilmu Siaran Sosial (IPS)

SMP

SMA

SMPLB

SMALB

100

  • Pendidikan IPS
  • Pendidikan Geografi
  • Pendidikan Ekonomi
  • Pendidikan Sejarah
  • Pendidikan Ilmu masyarakat/Antropologi
  • Album
  • Ekonomi
  • Geografi
  • Sosiologi/Antropologi
  • Tadris IPS


12

Hobatan Warta Alam (IPA)

SMP

SMA

SMPLB

SMALB

097

  • Pendidikan IPA
  • Pendidikan Ilmu pisah
  • Pendidikan Fisika
  • Pendidikan Biologi
  • Fisika
  • Kimia
  • Biologi
  • Tadris IPA (Tadris Ilmu pisah, Fisika, Ilmu hayat)


13

Pendidikan Pancasila dan Nasional (PKn)

SMP

SMA

SMK

SMPLB

SMALB

154

  • Pendidikan Nasional dan Hukum
  • Pendidikan Pancasila dan Nasional
  • Administrasi Negara
  • Guna-guna Hukum
  • Hukum Tata Negara
  • PSKGJ Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan


14

Bahasa Indonesia

SMP

SMA

SMK

SMPLB

SMALB

156

  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Pendidikan Bahasa Indonesia
  • Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Sastra Indonesia
  • Tadris Bahasa Indonesia
  • Bahasa Indonesia
  • PSKGJ Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • PSKGJ Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Negeri


15

Matematika

SMP

SMA

SMK

SMPLB

SMALB

180

  • Pendidikan Matematika
  • Matematika
  • Tadris Ilmu hitung
  • PSKGJ Pendidikan Matematika


16

Bimbingan dan Konseling

SMP

SMA

SMK

SMPLB

SMALB

810

  • Bimbingan dan Konseling
  • Didikan dan Penyuluhan
  • Psikologi
  • Bimbingan dan Konseling Islam
  • Didikan dan Pengintaian Islam
  • Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • PSKGJ Pendidikan Bimbingan dan Konseling


17

Ilmu permukaan bumi

SMA

SMALB

207

  • Pendidikan Ilmu permukaan bumi
  • Ilmu permukaan bumi


18

Ekonomi

SMA

SMALB

210

  • Pendidikan Ekonomi
  • Pendidikan Akuntansi
  • Akuntansi
  • Manajemen
  • Ekonomi Koperasi
  • Ekonomi Syariah
  • Ekonomi Pembangunan
  • Sosial Ekonomi
  • Akuntansi Syariah
  • Keuangan/Keuangan dan Perbankan/Syariah
  • PSKGJ Pendidikan Ekonomi


19

Sosiologi

SMA

SMALB

214

  • Pendidikan Sosiologi
  • Pendidikan Sosiologi dan Antropologi
  • Sosiologi
  • Sosiologi dan Antropologi


20

Antropologi

SMA

SMALB

215

  • Pendidikan Antropologi
  • Pendidikan Sosiologi dan Antropologi
  • Antropologi
  • Sosiologi dan Antropologi


21

Bahasa Jerman

SMA

SMK

SMALB

160

  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Jerman
  • Bahasa Jerman
  • Sastra Jerman


22

Bahasa Perancis

SMA

SMK

SMALB

164

  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Perancis
  • Pendidikan Bahasa Perancis
  • Bahasa Perancis
  • Sastra Perancis


23

Bahasa Arab

SMA

SMK

SMALB

167

  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab
  • Pendidikan Bahasa Arab
  • Bahasa Arab
  • Sastra Arab
  • PSKGJ Pendidikan Bahasa Arab


24

Bahasa Jepang

SMA

SMK

SMALB

170

  • Pendidikan Bahasa Jepang
  • Bahasa Jepang
  • Sastra Jepang


25

Bahasa Mandarin

SMA

SMK

SMALB

174

  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Mandarin
  • Pendidikan Bahasa Mandarin
  • Bahasa Mandarin
  • Sastra Mandarin


26

Fisika

SMA

SMK

SMALB

184

  • Pendidikan Fisika
  • Fisika
  • Teknik Fisika
  • Tadris Fisika
  • Geofisika
  • Fisika Terapan
  • PSKGJ Pendidikan Fisika


27

Ilmu pisah

SMA

SMK

SMALB

187

  • Pendidikan Ilmu pisah
  • Kimia
  • Teknik Kimia
  • Teknik/Perkomplotan Ilmu pisah
  • Tadris Kimia


28

Biologi

SMA

SMK

SMALB

190

  • Pendidikan Biologi
  • Biologi
  • Tadris Ilmu hayat
  • Biologi Reproduksi
  • Biologi Terapan
  • Biologi Tumbuhan
  • Mantra Biologi
  • Keguruan Biologi
  • Mikrobiologi
  • Teknobiologi
  • PSKGJ Pendidikan Ilmu hayat


29

Memori

SMA

SMK

SMALB

204

  • Pendidikan Sejarah
  • Memori



Gubahan : bakal bidang kejuruan, linearitas satah maple dengan ijazah sertifikasi yang belum tercantum pada tabel diatas akan diverifikasi lebih lanjut.


#BangImamBerbagi #LinearitasGuru #KurikulumMerdeka #2022



Catatan : karangan ini sudah dilakukan pembaharuan sesuai dengan qada dan qadar yang terbaru, terlepas 21 Februari 2022

Source: https://bangimam-berbagi.blogspot.com/2019/06/jika-kamu-guru-coba-cek-apakah-ijazah.html

Posted by: likeaudience.com