Animasi Pembelajaran Sd Kelas Iv Mata Pelajaran Ipa Tentang Galaxy

Authors


  • Trisna Angga Semara


    Universitas Pendidikan Ganesha

  • Anak Agung Gede Agung


    Perguruan tinggi Pendidikan Ganesha

DOI:


https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.32104

Abstract

Rendahnya ki dorongan siswa bikin belajar disebabkan karena kurangnya sarana penataran yang membantu petatar dalam belajar. Penekanan ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses rancang sadar pecah video animasi puas tanggung pelajaran IPA dan menganalisis hasil validasi video animasi menurut hasil
review
para ahli dan uji coba perorangan. Pengembangan video animasi ini menggunakan teladan penggalian ADDIE yang terdiri dari lima tahap ialah
Analyze, Desain, Development, Implementation, dan
Evaluation. Pengumpulan data yang digunakan pada penajaman ini yaitu metode kuisioner. Analisis data digunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil amatan data diperoleh adalah uji juru isi dengan poin 95 dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli desain pembelajaran dengan skor 95 dengan kualifikasi silam baik, hasil uji pakar sarana pembelajaran dengan kredit 92,5 dengan kualifikasi sangat baik, dan hasil uji coba perorangan dengan ponten 95 dengan kualifikasi silam baik.  Berdasarkan hasil analisis data uji produk oleh para ahli disimpulkan bahwa video animasi hasil pengkhususan ini memadai digunakan intern pengajian pengkajian muatan IPA di papan bawah IV. Implikasi penelitian ini memasrahkan sarana penelaahan inovatif yang mampu meningkatkan motivasi siswa privat belajar sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang meningkat.

Author Biography

Trisna Angga Semara,
Perhimpunan Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Alannasir, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dalam Penataran IPS Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas bawah IV SD Negeri Mannuruki. Journal of Educational Science and Technology, 2(2), 81–90. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2561.

Anjelina Putri, A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Dominasi Hipotetis Pembelajaran Pbl Berbantuan Ki alat Rajah Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas bawah Iii Sd. Mimbar Ilmu, 23(1). https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407

Apriansyah, Sambowo, & Maulana. (2020). Ekspansi Media Pembelajaran Video Berbasis Kartun Mata Kuliah Mantra Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Gedung Fakultas Teknik Perkumpulan Negeri Jakarta. Harian Pendidikan Teknik Sipil (Jpensil), 9(1), 8–18. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpensil

Armansyah, F., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Multimedia Interaktif Misal Wahana Pembayangan Dasar-Dasar Kartun. Kronik Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 224–229. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p224

Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Peluasan Kendaraan Pembelajaran Animasi Powtoon plong Indra penglihatan Latihan Matematika di Kelas IV SD. Jurnal Matematika Bernas-Inovatif, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534

Carlucy, Suadnyana, & Negara. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terasuh Berbantuan Kendaraan Faktual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar Hobatan Undiksha, 23(2), 162–169. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16416

Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran,Kompetensi, dan Bahara Jawab Menjadi Suhu Profesional. Koran Edukasi, 13(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.113

Donas, & Elhefni. (2016). Pengaruh Penerapan Pendedahan Bermanfaat (Meaningfull Learning) Lega Pembelajaran Tematik IPS Terpadu Terhadap Hasil Berlatih Siswa Kelas III di Misoa Ahliyah IV Palembang. JIP: Kronik Ilmiah PGMI, 2(1), 19–28. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/view/1063

Fadillah, & Jamilah. (2016). Peluasan Mangsa Ajar Struktur Aljabar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa. Cakrawala Pendidikan, 35(1), 106–108. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8379

Gafur, A. (2012). Desain Pembelajaran Konsep, Lengkap, dan Aplikasinya internal Perencanaan Pelaksanaan Penelaahan. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Irawan, H. (2018). Keefektifan E-Learning Sebagai Media Penerimaan (Penyelidikan Evaluasi Teladan Pembelajaran E-Learning Smk Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Buku harian Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584

Kasih, F. R. (2017). Ekspansi Sinema Animasi intern Penelaahan Fisika puas Materi Kesetimbangan Benda Taat di SMA. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Mantra Tarbiyah, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1737

Maqfiroh, Khutobah, & Budyawati. (2020). Peluasan Media MOTIF (Monopoli Edukatif) internal Pembelajaran berbasis Multiple intelligence. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Jiwa Prematur, 11(1), 64–74. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/24230/12062

Moma. (2017). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Penceraian Masalah Matematis Mahasiswa Melalui Metode Sawala. T Pendidikan, 36(1), 130–139. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/10402/pdf

Mustofa, R., & Syafi’ah, R. (2018). Ekspansi Alat angkut Pembelajaran Pop Up Book Materi Kenampakan Meres Bumi Indra penglihatan Latihan IPA Kelas bawah III SD. ELSE (Elementary School Education Journal), 2, 30–41. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v2i2.1723

Muzakki, & Manan. (2016). Pengembangan Media Animasi Pembelajaran Interaktif Kancing Bahasan Gaya plong Mata Kursus IPA Kelas bawah IV SD. Edcomtech Jurnal Analisis Teknologi Pendidikan, 1(2), 147–152. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1802

Musik, I., Utaminingsih, S., & Ardianti, S. D. (2018). Penerapan Model Open Ended Problems Berbantuan Cd Penelaahan Buat Meningkatkan Kemampuan Nanang Kreatif Siswa Inferior Iv Sd 1 Golantepus. Surat kabar Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 216. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3856

Puspitorini, Subali, & Jumadi. (2014). Penggunaan Media Komik N domestik Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Cemeti Dan Hasil Belajar Psikologis Dan Afektif. Cakrawala Pendidikan, 33(3), 413–420. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/2385/pdf

Renny, Sonbay, Yohana, R. (2019). the Effect of Open-Ended Teaching Model on Mathematics. Jurnal Kependidikan Ilmu hitung, 1(2), 105–110. Retrieved from https://journal.unwira.ac.id/index.php/ASIMTOT

Rosidah, A. (2016). Penerapan Ki alat Pembelajaran Visual Kerjakan Meningkatkan Kognisi Konsep Siswa Puas Indra penglihatan Pelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.499

Rosmiati, M. (2019). Animasi Interaktif Sebagai Alat angkut Pendedahan Bahasa Inggris Menunggangi Metode ADDIE. Contoh: Jurnal Komputer Dan Informatika Univiersitas Bina Sarana Informatika, 21(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31294/p.v21i2.6019

Rosnihayati. (2017). Penggunaan Sarana Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas bawah II SDN 003 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Primary: Jurnal Pendidikan Suhu Sekolah Dasar, 6(1), 306–313. Retrieved from https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/4110/3984

Setiawan, A. R. (2020). Desain Pembelajaran Tematik untuk Membimbing Pelajar Sekolah Sumber akar dalam Memperoleh Literasi Saintifik. Journal of Petrology, 369(1), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Siddiq, Sudarma, & Simamora. (2020). Pengembangan Kartun Dua Dimensi Pada Pembelajaran Tematik Bagi Pesuluh Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 49–63. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28928

Sudarma, I. ., Tegeh, & Prabawa. (2015). Desain Pesan Amatan Kajian Desain Visual Teks dan Image. Yogyakarta: Graha Hobatan.

Susiana, R., & Wening, S. (2015). Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Multimedia Terhadap Ki dorongan Membiasakan Dan Pencapaian Kompetensi Pembuatan Desain Busana. Buletin Vokasi Pendidikan, 5(3). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpv.v5i3.6491

Tegeh, Simamora, & Dwipayana. (2019). Peluasan Media Video Penerimaan Dengan Pola Ekspansi 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Buletin Mimbar Ilmu, 24(2), 158–166. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/bihun.v24i2.21262

Trianawati. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Ki alat Animasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Inferior IV SDN Gugus VI Abiansemal Musim Tajali 2018/2019. International Journal of Elementary Education, 4. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24337

Widjiningsih, Sugiyono, & Gafur. (2014). Efektivitas Dan Tepat guna Pendedahan Teknik Draping Berbantuan Video Di Perguruan Strata. Lengkung langit Pendidikan, 1(33), 62–70. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/1862/pdf33

Wulandari, Sudatha, & Simamora. (2020). Peluasan Penerimaan Blended Lega Mata Ceramah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Buletin Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459

Yuliati, Y. (2017). Literasi sains n domestik penelaahan IPA. Jurnal Lengkung langit Pendas, 3(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592

Yusnia, Y. (2019). Penggunaan Wahana Video Scribe Kerumahtanggaan Pembelajaran Literasi Sains Kerjakan Mahasiswa PGPAUD. N Prematur: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 71–75.

How to Cite

Semara, T. A., & Agung, A. A. G. (2021). Pengembangan Video Animasi pada Muatan Pelajaran IPA Kelas bawah IV Sekolah Bawah.
Podium Ilmu,
26(1), 99–107. https://doi.org/10.23887/misoa.v26i1.32104

Source: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/32104

Posted by: likeaudience.com