Angket Minat Belajar Ipa Siswa Sd

Rambe, Alissamiah Amelia
(2022)
Peningkatan minat belajar siswa melalui penerapan model penelaahan berbasis antaran dalam pembelajaran IPA di SD Negeri No. 100713 Sianggunan Kecamatan Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan.
Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

Abstract

Latar birit penyakit penyelidikan ini yakni rendahnya minat sparing siswa plong mata pelajaran IPA di kelas. Peristiwa ini diduga makanya proses penataran yang monoton, kurangnya perhatian siswa, tak memberikan motivasi justru habis, atau tidak mengikut sertakan pelajar n domestik proses penataran sehingga pendedahan yang dilaksanakan lain bineka dan tidak menarik perasaan (minat) petatar bimbing, serta guru bukan menerapkan model penelaahan berbasis proyek.
Rumusan keburukan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan teoretis pembelajaran berbasis antaran dapat meningkatkan minat belajar siswa di kelas V SD Negeri No. 100713 Sianggunan Kecamatan Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan? Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui suka-suka atau tidaknya kenaikan minat belajar pelajar melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran IPA di kelas V SD Provinsi No. 100713 Sianggunan Kecamatan Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan.
Jenis eksplorasi ini adalah penyelidikan tindakan kelas. Penekanan tindakan kelas bawah adalah penelitian yang dilakukan di kerumahtanggaan kelas bawah dengan menggunakan suatu tindakan bagi meningkatkan kualitas proses belajar mengajar agar memperoleh hasil yang lebih baik berusul sebelumnya. Pengkajian ini dilakukan sampai dua siklus. Instrumen pengumpulan data kerumahtanggaan penelitian ini yakni observasi dan angket. Subjek studi ini adalah pesuluh inferior V SD Negeri No. 100713 Sianggunan Kecamatan Batangtoru Kabupaten Tapanuli Kidul nan berjumlah 23 basyar.
Penelitian ini dilaksanakan dan diperoleh hasil angket minat belajar peserta menunjukkan bahwa minat belajar di kelas bawah V dalam ain pelajaran IPA mengalami peningkatan. Rata-rata minat belajar pesuluh sebelum dilakukan pembelajaran menunggangi ideal penelaahan berbasis proyek atau pra siklus congah sreg kategori sedang, dengan ponten rata-rata yakni 65. Pada siklus I persuaan ke-1 minat belajar lebih tinggi yaitu berada pada kategori sedang, dengan skor 75, pada siklus I pertemuan ke-2 minat membiasakan pelajar meningkat menjadi kategori tinggi yaitu dengan skor biasanya 81. Lega siklus II perjumpaan ke-1 minat belajar pesuluh semakin meningkat menjadi kategori sangat tataran yaitu dengan skor umumnya 88.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ali Asrun Lubis, M.Pd. dan Syafrilianto, M.Pd.
Keywords: Model pembelajaran berbasis proyek; IPA; minat belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User:
Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:25
Last Modified: 05 Aug 2022 02:25
URI: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/id/eprint/8107

Actions (login required)

View Item View Item

Source: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/8107/

Posted by: likeaudience.com