Alam Sekitar Di Pembelajaran Ipa

PEMANFAATAN Lingkungan ALAM SEKITAR Sebagai Ki alat AJAR DI SEKOLAH DASAR Kewedanan 2 SIRAH PULO PADANG

Abstract

Penulisan ini tersebut dilatarbelakangi maka dari itu pengusahaan lingkungan pataka sekitar dapat dijadikan media ajar, sehingga penulis melakukan eksplorasi dengan menggunakan eksploitasi lingkungan alam sekitar sebagai media ajar. Penajaman tersebut bermaksud cak bagi mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan mileu sebagai kendaraan ajar pada pembelajaran IPA di kelas bawah IV SD Daerah 2 Sp. Padang kab. Ogan Komering Ilir Sumatera Kidul, mewujudkan buku panduan bergambar eksploitasi mileu alam sekitar (PLAS) dan membuat RPP pendayagunaan mileu kalimantang sekitar (PLAS). Pendekatan eksplorasi yang digunakan merupakan pendekatan kualitatif. Studi tersebut memperalat teknik akumulasi data dilakukan dengan observasi, tanya jawab, dokumentasi, dan triangulasi dengan teknik analisis data melewati tiga sagur yaitu
Data Reduction
(Reduksi Data),
Data Display
(Penyampaian Data),
verification
dan
simpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa lingkungan sekolah dapat dimanfaatakan ibarat media ajar pada pembelajaran IPA papan bawah IV SD Negeri 2 Sp. Padang. Dengan memperalat sarana tuntun di lingkungan sekolah dapat mengintensifkan kreatifitas siswa. Dapat di ketahui bahwa siswa makin aktif berlatih diluar inferior karena lebih menyenangkan, pelajar dapat melihat langsung dengan menggunakan kendaraan nyata yang suka-suka dilingkungan sekolah tersebut. Beralaskan hasil penajaman, dapat disimpulkan bahwa penggunaan mileu sebagai media ajar pada pembelajaran IPA di inferior IV SD Daerah 2 Sp. Padang dapat gunakan dan sesuai dengan materi serta kebutuhan siswa.

References

_____.2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006: Barometer Isi untuk Eceran Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Dikdasmen.

Amalia Sapriati, dkk. 2014. Pengajian pengkajian IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Budi Wahyono dan Setya Nurachmandani. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam. Sentral Pembukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Daryanto. 2016. Ki alat Pmbelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Departemen Pendidikan Kebangsaan. 2008. Kurikulum 2004: Barometer Kompetensi Mata Pelajaran Sains. Jakarta: Departemen Pendidikan Kebangsaan.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Sarana dan Sendang Penataran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Sugiyono. 2016. Metode Studi kuantitatif, kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Source: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SNP/article/view/2762

Posted by: likeaudience.com